Jokowi Berangkat Ke China, Temui Xi Jinping

Presiden Jokowi akan berangkat ke Beijing, China pada Senin (25/07/22) untuk bertemu dengan Presiden China yakni Xi Jinping.

Jokowi Berangkat Ke China, Temui Xi Jinping
Presiden Jokowi akan berangkat ke Beijing, China pada hari ini Senin (25/07/22) untuk bertemu dengan Presiden China yakni Xi Jinping. Gambar : Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden

BaperaNews - Presiden Indonesia Joko Widodo bersiap untuk terbang ke China pada Senin (25/7) untuk bertemu Presiden China Xi Jinping. Jokowi beserta rombongan berangkat dari Bandara Soetta Cengkareng pada jam 13.00 WIB untuk terbang ke Beijing, China.

Kunjungan Jokowi ke China ialah bagian dari kunjungan kenegaraan ke tiga Negara di Asia Timur. Setelah dari China, Jokowi juga akan mengunjungi Korea Selatan dan Jepang. Semua dijadwalkan selesai pada pekan ini.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengungkap berita ini dari konferensi pers virtual, tentang agenda utama kunjungan Jokowi ke tiga Negara Asia Timur. Retno menyampaikan kunjungan tersebut fokus pada pembahasan penguatan kerjasama ekonomi terutama di bidang perdagangan dan investasi.

“Saya ingin mengambil satu isu, yakni menyampaikan rencana kunjungan Presiden Jokowi ke tiga Negara Asia Timur yaitu China, Jepang, dan Korea Selatan” ujarnya Kamis (21/7).

“Rencana kunjungan Presiden Jokowi ke China akan dilaksanakan pada 26 Juli 2022, ke Jepang 27 Juli, dan ke Korea Selatan 28 Juli, kunjungan ini ialah kunjungan yang singkat, tiga hari untuk tiga Negara” imbuhnya.

Baca Juga: Kabar Baik, AS Dan Rusia Damai dan Lakukan Misi Ini Bersama

Dalam kunjungan tersebut, selain bertemu dengan Presiden China Xi Jinping, Jokowi juga dijadwalkan akan bertemu Perdana Menteri China Li Keqiang, Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida, dan Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol.

Sejumlah isu di kawasan Asia Pasifik juga akan dibahas dalam agenda pertemuan. “Selain membahas penguatan kerjasama bilateral, Presiden Jokowi dan para pemimpin ketiga Negara tersebut tentunya dalam pertemuan bilateral masing-masing akan membahas isu perkembangan terakhir sejumlah isu kawasan dan isu internasional” jelasnya.

Diketahui, selama ini antara Indonesia dengan China, Jepang, dan Korea Selatan memiliki hubungan bilateral yang sangat baik, kedua Negara saling berbagai komoditas impor dan ekspor.

Pertemuan kali ini dengan Xi Jinping salah satunya membahas penguatan ekonomi dan kerjasama lebih erat antara kedua Negara mengingat saat ini terjadi krisis pangan di sejumlah Negara dunia akibat perang Rusia Ukraina, begitu pula melonjaknya harga minyak dunia membuat sejumlah produk turunannya turut naik.

Pertemuan Jokowi dengan Xi Jinping akan membahas kerjasama bidang perdagangan dan ekonomi yang bisa memberi keuntungan untuk kedua Negara.