Jadwal dan Daftar Nama Peserta M5 World Championship 2023

M5 World Championship 2023 siap untuk memeriahkan Esports Mobile Legends dengan tim-tim terbaik dari seluruh dunia. Simak selengkapnya!

Jadwal dan Daftar Nama Peserta M5 World Championship 2023
Jadwal dan Daftar Nama Peserta M5 World Championship 2023. Gambar : Instagram/@mlbbesports_official

BaperaNews - Kompetisi M5 World Championship, Mobile Legends: Bang Bang Esports (MLBB Esports) untuk tahun 2023, semakin mendekati hari pelaksanaannya. M5 World Championship akan berlangsung di dua lokasi, Malaysia dan Filipina, mulai 23 November hingga 17 Desember 2023.

Perhelatan M5 World Campionship memiliki total hadiah mencapai 900.000 dolar AS, atau sekitar 14,1 miliar Rupiah.

Seluruh peserta M5 World Championship akan memperebutkan titel juara dunia dan sebagian besar hadiah yang ada. Delapan belas tim dari berbagai negara akan bersaing dalam turnamen ini, termasuk dua tim unggulan dari Indonesia.

Kedua tim tersebut adalah Onic Esports dan Geek Fam ID. Mereka berhasil memastikan tempat mereka di M5 World Championship setelah menunjukkan performa luar biasa dalam kompetisi nasional Mobile Legends Professional League Season 12 (MPL S12) di Indonesia. Onic Esports berhasil meraih gelar juara MPL S12 setelah menaklukkan Geek Fam ID dalam pertandingan final. 

Secara total, M5 World Championship akan diikuti oleh 22 tim dari berbagai negara. Delapan di antaranya adalah tim juara kedua atau ketiga dalam kompetisi nasional, serta tim yang belum berhasil melangkah ke babak utama M5 World Championship. Kedelapan tim tersebut akan berkompetisi di babak "Wild Card" untuk merebut dua tiket menuju babak utama atau group stage M5 World Championship.

Jadwal M5 World Championship 2023 terbagi ke dalam beberapa tahap. Simak di bawah ini.

Baca Juga : 7 Games Online Menarik Terbaru 2023

Jadwal M5 Wild Card: 23 – 26 November 2023

Babak "Wild Card" akan digelar dari tanggal 23 hingga 26 November 2023. Ini merupakan pertama kalinya kompetisi M Series menggunakan mekanisme wildcard. Tim-tim dari berbagai negara yang belum memperoleh tiket ke babak utama akan berkompetisi di sini. Mereka akan dibagi menjadi dua grup dan bertanding untuk mengumpulkan poin kemenangan. Dua tim teratas dari masing-masing grup akan melaju ke babak Crossover Match, sementara dua tim terbawah akan tereliminasi.

M5 Group Stage: 2 – 7 Desember 2023

Setelah babak "Wild Card" berakhir, M5 World Championship akan memasuki babak group stage yang berlangsung dari tanggal 2 hingga 7 Desember 2023. Total 16 tim akan dibagi menjadi empat grup, yang akan saling bertanding untuk mengumpulkan poin dalam pertandingan tiga game terbaik (Best of 3/BO3) untuk mengamankan peringkat tertinggi. Dua tim teratas dari masing-masing grup akan melanjutkan ke Knockout Stage, sementara dua tim terbawah akan tersingkir.

M5 Knockout Stage (Playoff): 9 – 16 Desember 2023

Setelah group stage, akan dilanjutkan dengan babak Knockout Stage atau playoff yang berlangsung dari tanggal 9 hingga 16 Desember 2023. Delapan tim yang tersisa akan bertanding dalam format double elimination, sehingga tim akan tersingkir apabila mengalami dua kekalahan. Pada babak final, format perainan akan berubah menjadi tujuh game terbaik (Best of 7/BO7). 

Baca Juga : TI 2023 Dota 2: Jadwal, Tim Hingga Hadiah