Ini Alasan UMG Tarik Lagu Taylor Swift hingga BTS dari TikTok!

Kontroversi TikTok dengan Universal Music Group (UMG) mengambil keputusan dengan menarik lagu-lagu dari Taylor Swift hingga BTS. Simak alasan UMG tarik lagu dari TikTok!

Ini Alasan UMG Tarik Lagu Taylor Swift hingga BTS dari TikTok!
Ini Alasan UMG Tarik Lagu Taylor Swift hingga BTS dari TikTok!. Gambar : Dok. Wikipedia

BaperaNews - Universal Music Group (UMG) secara resmi mengumumkan penarikan katalog lagu dari sejumlah artis terkenal seperti Taylor Swift dan BTS dari platform media sosial TikTok.

Keputusan UMG tarik lagu TikTok ini diambil setelah serangkaian pertentangan antara UMG dan TikTok, yang melibatkan isu tarif, hak kontrak, dan dampak terhadap seniman manusia dibandingkan seniman AI.

Mengutip dari Billboard, UMG mengeluarkan surat terbuka berjudul "Mengapa Kita Harus Menghentikan Time Out di TikTok" pada Selasa (30/1). 

Dalam surat tersebut, UMG menyatakan keprihatinan mereka terhadap tarif yang ditawarkan TikTok untuk membayar katalog musiknya. 

UMG mengungkapkan bahwa kontribusi TikTok hanya menyumbang sekitar satu persen dari total pendapatan mereka.

Salah satu poin pertentangan utama adalah jumlah konten di TikTok yang diduga melanggar hak cipta artis dan penulis lagu tanpa adanya solusi yang memadai. 

Selain itu, UMG juga menyoroti tingkat kebencian dan pelecehan di platform tersebut, serta sikap TikTok terhadap penggunaan kecerdasan buatan (AI).

Saat proses negosiasi berlangsung, ByteDance, induk perusahaan TikTok, menuntut hak kontrak yang memungkinkan penggunaan konten AI dalam skala besar, dengan dampak signifikan terhadap royalti yang diterima oleh seniman manusia. 

Baca Juga : Birmingham City Dituding Jiplak Logo BTS saat Penyambutan Pemain Baru, Banyak Army Marah

Namun, ByteDance juga terlibat dalam pengembangan alat untuk mendukung, mempromosikan, dan mendorong penciptaan musik AI di platformnya. 

Menurut UMG, ini adalah upaya mensponsori penggantian seniman manusia dengan seniman AI.

Proses negosiasi antara UMG dan TikTok memasuki fase kritis ketika UMG menuduh TikTok berusaha mengintimidasi mereka untuk menerima kesepakatan dengan nilai yang lebih rendah dari kesepakatan sebelumnya. 

Taktik intimidasi yang diakui oleh UMG adalah penghapusan selektif lagu dari artis-artis tertentu yang sedang naik daun, sementara tetap mempertahankan kolaborasi dengan bintang-bintang global yang memiliki dampak besar pada penonton TikTok.

Akibat dari kegagalan negosiasi kedua belah pihak, UMG memutuskan untuk menarik katalog lagu dari TikTok. 

Keputusan UMG tarik lagu TikTok akan berdampak pada semua musik yang didistribusikan dan dikelola oleh divisi musik rekaman serta Universal Music Publishing Group. 

Artis-artis terkenal seperti Taylor Swift dan BTS yang tergabung dalam Universal Music Group akan absen dari TikTok, platform yang selama ini menjadi salah satu alat promosi dan penemuan bakat bagi para seniman.

Baca Juga : Lagi Berbunga-bunga? Ini 10 Lagu Bucin Taylor Swift yang Cocok Didengarkan Bersama Pasangan