Gamers Bahagia, Epic Games Kini Bisa Diakses Kembali!

Epic Games kini bisa diakses kembali mulai Rabu (10/8) sore oleh pengguna Indonesia setelah sebelumnya diblokir oleh Kemkominfo. Epic Games telah daftar PSE!

Gamers Bahagia, Epic Games Kini Bisa Diakses Kembali!
Epic Games kini sudah bisa diakses kembali. Gambar : 14again.net

BaperaNews - Epic Games kini bisa diakses kembali oleh pengguna Indonesia setelah sebelumnya diblokir oleh Kemkominfo.

Penyelenggara perangkat lunak asal Amerika Serikat tersebut telah mendaftar sebagai PSE (Penyelenggara Sistem Elektronik) Lingkup Privat sejak Selasa (9/8) dengan nama perusahaan Epic Games International sehingga bisa diakses kembali mulai Rabu (10/8) sore hari.

Sebelumnya Epic Games memang masuk dalam daftar blokir Kominfo, karena tak kunjung mendaftar PSE hingga batas waktu yang ditentukan.

Ada tujuh PSE asing juga yang diblokir bersamanya pada (30/7) lalu yakni Yahoo search engine, Dota 2, Steam, Counter Strike, Origin.com, PayPal, dan Xandr.com.

Namun kini satu persatu dari platform - platform yang diblokir tersebut telah mendaftarkan diri dan Epic Games menjadi yang terakhir mendaftar PSE Kominfo.

Epic Games sendiri ialah permainan Video asal AS yang berpusat di Cary, North Carolina, AS. Didirikan sejak tahun 1991 dan kini telah beroperasi di hampir seluruh Negara di dunia.

Baca Juga : Kominfo Berbuah Manis, PayPal Kini Resmi Terdaftar PSE Indonesia

Epic Games punya beragam game yang diminati oleh gamers Indonesia, ada yang gratis ada juga yang berbayar dan berlangganan.

Kabar dibukanya blokir Epic Games jadi salah satu hal yang ditunggu gamers Indonesia, selain melegakan para developer gam lokal, gamers kini tak perlu lagi memakai VPN untuk bisa mengaksesnya.

“Jadi kalau menurut tim yang bersyukur ya sudah dibuka, tapi masih tetap ada rasa hati-hati. Terutama dengan adanya program pengalaman sebelumnya kan, asal nutup/blokir tanpa edukasi dan pemberitahuan ke masyarakat, kita masih skeptic” ujar Community Manager Gamecom Josevina Gaby.

Memang sebelumnya, Kominfo telah memberi peringatan kepada semua platform di Indonesia baik lokal maupun asing untuk mendaftar PSE Lingkup Privat ke situs yang telah disediakan.

Kominfo juga menyebut pendaftaran bisa dilakukan secara online dan mudah prosedurnya sehingga tidak akan ada masalah dari segi administrasi.

Namun hingga batas waktu yang ditentukan, Epic Games tak kunjung mendaftar. Sebab itu, dengan terpaksa Kominfo memblokirnya mengingat aturan memang harus diterapkan secara adil kepada semua platform.

Kini usai sepuluh hari diblokir, akhirnya Epic Games resmi mendaftar dan telah dibuka kembali aksesnya oleh Kominfo.

Sebagai informasi pendaftaran PSE Lingkup Privat telah diatur pemerintah dalam Perpu Nomor 71 Tahun 2019 dan Permenkominfo Nomor 5 Tahun 2020.

Baca Juga : Facebook, Instagram, Dan WhatsApp Akhirnya Daftar PSE Kominfo