Game Pokemon GO Capai Rp 86,78 Triliun Di App Store Dan Google Play

Pencapaian yang dihasilkan Pokemon GO melalui para pemain yang belanja diaplikasi App Store dan Google Play untung sampai Rp86,87 triliun.

Game Pokemon GO Capai  Rp 86,78 Triliun Di App Store Dan Google Play
Game Pokemon GO capai untung sampai 86,78 Triliun di App Store Dan Google Play oleh para pemain yang belanja di game tersebut. Gambar : Instagram/@pokemongoapp

BaperaNews - Perusahaan riset pasar aplikasi mobile Sensor Tower melaporkan pencapaian terbaru dari Pokemon GO. Mobile game yang digarap oleh Niantic ini dikabarkan telah melampaui USD 6 miliar yang setara dengan Rp86,87 triliun dalam hal belanja pemain secara global di App Store dan Google Play.

Hasil dari angka tersebut merupakan hasil akumulatif pencapaian game Pokemon GO sejak pertama kali dirilis.

"Pokemon GO telah menjadi salah satu mobile game paling menguntungkan di dunia sejak diluncurkan pada tahun 2016, yang ketika itu menjadi fenomena global secara instan," imbuh Sensor Tower.

Dan pada tahun 2021, Pokemon GO menjadi salah satu mobile game dengan pendapatan tertinggi di seluruh dunia.

Dari hasil pendapatan sebesar USD 6 miliar tersebut, Pokemon GO menempati peringkat ke-7 dengan pendapatannya saat itu mengumpulkan USD 1,3 miliar.

Sementara pada Q1 2022 Pokemon GO menempati peringkat 11 untuk pengeluaran pemain dengan nilai USD 198,2 juta.

Dengan pencapaian tersebut, Pokemon GO dinilai tetap menjadi judul AR Mobile Game yang berbasis geolokasi terlaris di dunia selama kuartal terakhir ini. Kini Pokemon GO mengungguli Dragon Quest Walk dari Square Enix yang menghasilkan USD 90,4 juta dan Jurassic World Alive dari Ludia yang mengumpulkan USD 7,2 juta.

Baca Juga : Nintendo Pastikan Absen Dalam Acara Gamescom 2022

Amerika Serikat menempati peringkat sebagai negara No.1 untuk pembelanjaan pemain seumur hidup di game Pokemon GO yang menghasilkan $2,2 miliar, atau 36,6 persen dari total pendapatan. Jepang menempati urutan ke-2 dengan 32,6 persen, sedangkan Jerman menempati urutan ke-3 dengan 5,2 persen.

Google Play berkontribusi 52,3 persen atau sekitar USD 3,1 miliar. Sementara App Store menyumbang pendapatan USD 2,8 miliar atau 47,7 persen.

Hingga saat ini game Pokemon GO telah menghasilkan 678 juta unduhan di seluruh dunia.

AS menempati peringkat No. 1 dengan 123,2 juta pemasangan, atau 18,2 persen dari total. Brasil menempati urutan ke-2, sedangkan India menempati urutan ke-3.

Google Play menjadi platform utama untuk mayoritas unduhan yang mengumpulkan 517,2 juta unduhan hingga saat ini atau 76,3 persen dari total. Sementara itu, App Store telah menghasilkan 160,8 juta unduhan, atau 23,7 persen.