Doa Meminta Kelancaran Saat Kerja, Lengkap dengan Arab, Latin, dan Artinya

Menghadapi tantangan di tempat kerja? Cari solusi dengan doa-doa meminta kelancaran saat kerja dalam bahasa Arab, Latin, dan artinya.

Doa Meminta Kelancaran Saat Kerja, Lengkap dengan Arab, Latin, dan Artinya
Doa Meminta Kelancaran Saat Kerja. Gambar : Ilustrasi Kreator BaperaNews Via Canva

BaperaNews - Dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam konteks pekerjaan, doa sering dijadikan sebagai sarana spiritual untuk memohon kelancaran dan keberkahan.

Khususnya bagi umat Islam, membaca doa meminta kelancaran saat kerja sebelum memulai aktivitas kerja dianggap penting untuk memohon perlindungan dan kemudahan dalam pekerjaan.

Kali ini Bapera News akan menyajikan beberapa doa meminta kelancaran saat kerja, lengkap dengan teks Arab, Latin, dan artinya, yang dapat membantu umat Islam dalam memohon kelancaran dan keberkahan dalam pekerjaan mereka.

Doa Meminta Kelancaran Saat Kerja

Berikut adalah beberapa doa yang dapat dibaca sebelum memulai pekerjaan, sebagai cara untuk meminta kelancaran dan keberkahan dalam segala urusan kerja:

Doa Berangkat Kerja

Arab: بِسْمِ اللهِ عَلىٰ نَفْسِي وَمَالِي وَدِينِي. اللهُمَّ رَضِّنِي بِقَضَائِكَ وَبَارِكْ لِي فِي مَا قُدِّرَ عَلَيَّ حَتَّى لا أُحِبُّ تَعْجِيلَ مَا أَخَّرْتَ وَلا تَأْخِيرَ مَا عَجَّلْتَ.

Latin: 

“Bismillahi 'alaa nafsi wa maalii wa diini. Allahumma rodhdhini bi qodhooika wa baarik lii fi maaquddiro' alaihi hatta laa uhibbu ta'jiila maa akhkhor ta walaa ta'khiiro maa 'ajjalta.”

Artinya: 

“Dengan nama Allah, semoga Engkau menjaga diri kami, harta kami dan agama kami. Wahai Allah, ridailah kami dari ketetapan-Mu dan berilah berkah kepada kami pada segala apa yang telah Engkau putuskan sehingga kami tidak suka mengakhirkan apa yang Engkau percepatkan dan tidak pula menyukai mempercepatkan apa yang Engkau akhirkan.”

Doa Sebelum Bekerja atau Memulai Pekerjaan Baru

رَبَّنَا آتِنَا مِن لَّدُنكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا. رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي.

Latin: 

“Rabbana atina min ladunka rahmatan, wa hayyi’ lana min amrina rasyadan. Rabbisyrah li shadri, wa yassir li amri.”

Artinya: 

“Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini). Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku.”

Baca Juga : Doa Jadi Kaya Raya, Diamalkan dan Rasakan Dampaknya

Doa Sebelum Bekerja agar Mendapat Keberkahan

اللهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ وَعَطَائِكَ رِزْقًا طَيِّبًا مُبَارَكًا. اللهُمَّ إِنَّكَ أَمَرْتَ بِالدُّعَاءِ وَقَضَيْتَ عَلَيَّ نَفْسَكَ بِالِاسْتِجَابَةِ وَأَنْتَ لَا تُخْلِفُ وَعْدكَ وَلا تُخْذِبُ أَحَدَكَ. اللهُمَّ مَا أَحْبَبْتَ مِنْ خَيْرٍ فَحَبِّبْهُ إِلَيْنَا وَيَسِّرْهُ لَنَا وَمَا كَرِهْتَ مِنْ شَيْءٍ فَكَرِّهْهُ إِلَيْنَا، وَجَنِّبْنَاهُ وَلا تُنْزِعْ عَنَّا الإِسْلَامَ بَعْدَ إِذْ أَعْطَيْتَنَا.

Latin: 

“Allahumma innii as'aluka min fadhlika wa athaa'ika rizkan thayyiban mubaarakan. Allahumma innaka amarta bid du'aa'i wa qadhaita alayya nafsaka bil istijaabah wa anta laa tukhlifu wa'daka wa laa tukadzzibu ahdaka. Allahumma ma ahbabta min khairin fa habbibhu ilaina wa yassirhu lanaa wa maa karahta min syaiin fa karihhu ilaina, wa jannibnaahu wa laa tunzi' annal islaam ba'da iz a'thaitanaa.”

Artinya:

“Ya Allah, sesungguhnya aku meminta dari keutamaanMu dan pemberianMu, rezeki yang baik lagi berkah. Ya Allah sesungguhnya Engkau memerintahkan untuk berdoa dan memutuskan atasku pengabulan doa, dan Engkau Zat yang tidak melanggar janji dan tidak mendustakan janjiMu. Ya Allah, apapun kebaikan yang Engkau sukai, jadikanlah kami mencintainya dan mudahkanlah kami mendapatkannya. Dan apapun yang Engkau benci, jadikanlah kami membencinya dan jauhkanlah kami darinya. Dan janganlah Engkau cabut dari kami keislaman kami setelah Engkau berikan.”

Membaca doa meminta kelancaran kerja ini sebelum memulai pekerjaan tidak hanya dianggap sebagai sebuah ritual, tetapi juga sebagai cara untuk menempatkan kepercayaan dan harapan kepada Allah SWT.

Doa meminta kelancaran saat kerja ini berfungsi sebagai pengingat bahwa segala usaha dan kerja keras harus diimbangi dengan tawakal dan permohonan kepada Yang Maha Kuasa.

Selain itu, doa meminta kelancaran kerja juga mengandung harapan agar setiap pekerjaan yang dilakukan tidak hanya membawa keberhasilan material, tetapi juga keberkahan dalam kehidupan. 

Hal tersebut sangat penting karena dalam Islam, keberkahan dalam pekerjaan dianggap sebagai salah satu kunci kebahagiaan dan kesuksesan yang berkelanjutan. Doa ini tidak hanya memohon kemudahan dalam pekerjaan, tetapi juga kehalalan dan kebaikan dalam setiap rezeki yang didapat.

Dengan demikian, doa meminta kelancaran saat kerja ini menjadi sarana untuk mengingatkan diri sendiri akan pentingnya menjalankan pekerjaan dengan nilai-nilai yang baik dan etis.

Pentingnya doa ini di dunia pekerjaan juga mencerminkan pengakuan bahwa, meskipun usaha keras dan dedikasi adalah kunci sukses, aspek spiritual dan keberkahan juga memainkan peran penting dalam pencapaian kesuksesan.

Baca Juga : Doa Agar Dagangan Laris dan Berkah Banyak Pembeli