Buntut Gangguan di Stasiun Manggarai, KCI Lakukan Rekayasa Rute KRL

PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) memberlakukan kebijakan pola rekayasa perjalanan, buntut kasus dari gangguan di Stasiun Manggarai pada Minggu (12/2).

Buntut Gangguan di Stasiun Manggarai, KCI Lakukan Rekayasa Rute KRL
PT Kereta Commuter Indonesia lakukan rekayasa rute KRL. Gambar : MPI

BaperaNews - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) memberlakukan kebijakan pola rekayasa perjalanan untuk mengurai kepadatan penumpang, hal ini karena adanya kendala operasi perjalanan di Stasiun Manggarai Jakarta Selatan pada Minggu (12/2).

External Relations & Corporate Image Care Manager PT KCI Leza Arlan, penguraian penumpang dengan sistem rekayasa perjalanan dilakukan untuk mencegah keterlambatan kereta.

“Ini untuk mengurai antrian perjalanan yang perlu rekayasa agar tidak terjadi keterlambatan kereta. Setelah semua perjalanannya sesuai, maka akan kembali ke jadwal biasanya” tutur Leza Arlan.

Rekayasa perjalanan ini dilakukan PT KCI di Kereta Rel Listrik (KRL) dengan jalur perjalanan Bekasi/ Cikarang melalui Manggarai hanya sampai Jatinegara dan Bekasi/Cikarang via Pasar Senen hanya sampai di Duri, serta kereta bandara hanya sampai di Stasiun BNI City.

Leza Arlan juga menjelaskan, penguraian penumpang ini ialah upaya untuk naik turun pengguna. “Untuk menekan keterlambatan dan layanan naik turun pengguna” imbuhnya.

Sebagai informasi, rute KRL Manggarai-Bekasi berhenti operasi di hari Minggu (12/2) pukul 06.03 WIB karena bermasalah di jaringan listrik aliran atasnya, ketika terjadi masalah tersebut, penumpang yang akan naik rute KRL dari Bekasi di Stasiun Manggarai ditahan di gerbang, mereka diarahkan petugas untuk naik moda transportasi lain.

Baca Juga : Catat! Mulai 16 Januari 2023, Bayar KRL Tidak Bisa Pakai LinkAja

Masalah baru tersebut bisa diatasi pada pukul 08.36 WIB. Pada pukul 09.00 - 10.42 WIB, sudah tak ada kepadatan penumpang, stasiun terlihat lengang, masyarakat memilih untuk menggunakan moda transportasi lainnya.

Rute KRL Stasiun Manggarai menjadi stasiun kereta api tersibuk di DKI Jakarta, manajemen PT KAI kini telah menambah 31 feeder atau pengumpan untuk antisipasi kepadatan penumpang terutama di jam sibuk.

Kami optimalkan dengan pengumpan tambahan dan 17 perjalanan di jam sibuk pagi sampai siang dengan relasi Manggarai-Angke / Kampung Bandan PP” terang Vice President Corporate Secretary PT KCI Anne Purba.

Sementara di jam sibuk sore ditambahkan 14 perjalanan commuter line. Jam sibuk biasa terjadi pukul 06.00 - 08.30 WIB dan 15.20 - 18.00 WIB, nantinya diharapkan kepadatan penumpang bisa terurai, stasiun juga akan diperbesar untuk antisipasi tingginya mobilisasi masyarakat.

“Saat ini pembangunan sudah 60% dan masih terus berlangsung” pungkas Anne Purba.

PT KCI menghimbau agar pengguna terus menggunakan KRL Access untuk rencanakan perjalanan, memeriksa jadwal keberangkatan, juga untuk update kepadatan penumpang agar bisa menikmati perjalanan yang lebih lancar.

Baca Juga : Sebelum Naik, Simak Dulu Jadwal Kereta Panoramic Februari 2023