Bocah SD Di Ciamis Tewas Saat Bermain HP

Bocah SD meninggal dunia di rumahnya karena hp yang dibawanya meledak, berikut cara mencegah hp meledak.

Bocah SD Di Ciamis Tewas Saat Bermain HP
Bocah SD di Ciamis tewas saat bermain hp. Gambar : Kompas.com/Candra Nugraha

BaperaNews - Seorang bocah kelas 3 SD berinisial IHM, tewas di rumahnya dengan luka bakar di dada pada Rabu (3/8) siang hari. Korban meninggal dunia diduga karena hp yang dibawanya meledak. Bocah SD tersebut bertempat tinggal di Desa Kiarapayung, Kecamatan Rancah, Ciamis, Jawa Barat.

Kepala Desa Kiarapayung, Dedi membenarkan kejadian tersebut. Dari keterangan orang tuanya, IHM (bocah sd) pulang sekolah di siang hari kemudian mengecharge hpnya sambil memakainya untuk bermain sambil tiduran.

Ibu korban (R), keluar rumah untuk membeli makanan. Bocah SD tersebut di rumah bersama adiknya yang masih balita. Setengah jam kemudian, R pulang dan memanggil anaknya namun tidak ada respon. Saat masuk rumah, R melihat anaknya telungkup di lantai tanpa alas.

Ketika dibangunkan R tidak merespon. Ibu dari bocah SD pun membalik tubuh anaknya dan ia kaget hp anaknya sudah hancur tepat di bagian dada. Di bagian dada juga terdapat luka bakar cukup besar. R pun histeris mendapati anaknya telah meninggal dunia.

“Awal kejadiannya, anak pulang sekolah, ibunya ke warung cari makanan. Pukul 14.00 WIB keadaannya meninggal dunia” jelas Dedi (4/8).

Baca Juga : Kabupaten Tangerang Larang Pelajar Bawa Kendaraan Pribadi Ke Sekolah

Kepala Desa Kiarapayung Ciamis menduga, IHM atau bocah SD tersebut meninggal dunia karena hp yang dipakainya meledak dimana pada usai kejadian didapati baterai hp telah pecah dan berantakan sedangkan kabel charger masih utuh.

“Saat saya ikut memandikannya, di dadanya ada luka sebesar telapak tangan, mungkin ada kelainan di HP nya. Seperti pecah, baterainya itu cembung, bukan dari aliran listrik” jelasnya.

Luka bakar korban berada tepat di bawah leher. “Luka bakar itu diraba sangat lembek” tutupnya.

Smartphone atau hp sejatinya tidak boleh dipakai terus menerus, ada kalanya harus diistirahatkan agar tidak terlalu panas dan terhindar dari meledak.

Berikut Cara Mencegah Hp Meledak :

  1. Isi daya dengan benar, dengan charger original. Lepas kabel ketika pengisian selesai, jika kepanasan bisa menyebabkan konslet dan meledak.
  2. Letakkan smartphone di tempat yang aman saat dicharge seperti di meja atau tempat yang datar. Hindari meletakkan di kasur atau menggantungnya.
  3. Jangan mengeces berlebihan, begitu pula ketika menggunakan, jika sudah terasa panas, letakkan dulu dan pakai kembali ketika sudah mendingin.
  4. Hindari tekanan seperti menduduki hp sebab bisa membuat baterai bocor dan meledak.
  5. Bila hp pernah meledak sebaiknya langsung ganti baru.
  6. Jangan letakkan hp di jok motor, lebih baik taruh di dalam tas.

Baca Juga : Dihamili Oleh Mantan Pacar, Siswi SMP Di Lamongan Lapor Polisi Didampingi Suami. Warganet Heran, Kok Punya Suami?