Bersejarah! Segini Harga Tiket Museum SBY ANI di Pacitan

Museum SBY Ani di Pacitan resmi dibuka untuk umum, memuat kisah hidup Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono dan almarhum ibu negara Ani Yudhoyono.

Bersejarah! Segini Harga Tiket Museum SBY ANI di Pacitan
Bersejarah! Segini Harga Tiket Museum SBY ANI di Pacitan. Gambar : Instagram/@museumdangalerisbyani

BaperaNews - Museum SBY Ani di Pacitan telah diresmikan pada hari Kamis, 17 Agustus 2023 lalu. Museum ini berada di Jawa Timur, berisi kisah perjalanan hidup Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono dan almarhum ibu negara Ani Yudhoyono.

Museum berada di tepi Jalan Lintas Selatan. Sehari usai diresmikan, museum SBY Ani telah dibuka untuk masyarakat umum.

Museum SBY Ani dibangun di atas tanah milik SBY sebagai bentuk mewujudkan amanat dari almarhum Ani. Di bagian luarnya, museum dibangun dengan desain modern dengan 6 pilar gagah yang berdiri di depan.

Di bagian luar terdapat pohon rindang pada kanan kiri. 6 pilar di fasadnya dibuat sebagai bentuk representasi bahwa SBY adalah Presiden ke-6 Indonesia.

Di bagian dalam museum, ada figura besar bergambar SBY dan Ani di main hall. Ada pula ruang kontemplasi yang hadirkan replika kamar SBY masa kecil, perjalanan SBY menjadi tentara, kiprah SBY di dunia politik, hingga terpilih sebagai Presiden RI ke-6 pada Pemilu 2004. 

Baca Juga : 10 Museum di Jakarta yang Wajib Dikunjungi

Bagian selanjutnya ialah foto SBY bersama Ani yang mencuri perhatian. Berawal dari foto pernikahan SBY dan Ani, sejumlah lukisan SBY yang didedikasikan untuk almarhum, galeri seni Ani yang menampilkan foto Ani dan puisi buatan Ani, sampai cerita tentang hari-hari terakhir Ani ketika memakai kursi roda. Diketahui Ani sempat sakit kanker dan dirawat di rumah sakit hingga meninggal dunia.

Museum tidak hanya berisi tentang SBY dan Ani saja namun juga ada ruangan lain seperti toko souvenir, kafe, dan perpustakaan. Museum SBY Ani cocok untuk wisata budaya dan hiburan untuk mengambil manfaat dari perjuangan SBY dan Ani kepada Indonesia.

Daftar Harga Tiket Museum SBY Ani

Harga tiket Museum SBY Ani di Pacitan ialah :

  • Rp 25.000 per orang untuk tamu lokal warga Pacitan
  • Rp 50.000 per orang untuk tamu lokal dari Indonesia
  • Rp 100.000 per orang untuk tamu wisatawan mancanegara

Jadi harga tiket Museum SBY Ani di Pacitan berbeda sesuai asal wisatawan yang mengunjunginya. Museum SBY Ani buka setiap hari Rabu sampai Senin (hari Selasa tutup) pada pukul 09.00 – 17.00 WIB. Yuk datang ke Museum SBY Ani!

Baca Juga : Wow! Masjid Jokowi di Abu Dhabi Bakal Beroprasi Mulai Oktober 2023