BCA Tetapkan Ketentuan Baru! Saldo Rp 0 Akan Ditutup

PT Bank Central Asia Tbk (Bank BCA) akan mulai menutup rekening dengan saldo Rp 0 (nol rupiah) mulai tanggal 1 November 2023.

BCA Tetapkan Ketentuan Baru! Saldo Rp 0 Akan Ditutup
BCA Tetapkan Ketentuan Baru! Saldo Rp 0 Akan Ditutup. Gambar : Reuters/Willy Kurniawan

BaperaNews - PT Bank Central Asia Tbk (Bank BCA) mengumumkan penutupan rekening BCA dengan saldo Rp 0 (nol rupiah) mulai 1 November 2023 mendatang.

Rekening nasabah yang tidak berisi atau bersaldo Rp 0 selama 12 bulan berturut-turut dan tidak ada transaksi di dalamnya secara otomatis akan ditutup.

Hingga 31 Oktober 2023, aturan yang berlaku ialah penutupan rekening BCA secara otomatis kepada rekening dengan saldo Rp 0 selama 18 bulan berturut-turut dan tidak ada transaksi selama masa tersebut.

Rekening kosong alias saldo Rp 0 tanpa transaksi hanya dianggap beban dan dirasa pantas untuk dilakukan tutup rekening BCA.

Aturan penutupan rekening BCA tanpa saldo dan tanpa transaksi selama 12 bulan berturut-turut berlaku untuk rekening Bank BCA jenis Tahapan, Tahapan Gold, Tahapan Xpresi, Tapres, TabunganKu, Giro, dan BCA Dollar.

Agar tidak terkena penutupan rekening BCA, maka nasabah bisa menghindarinya dengan cara memakai rekening Bank BCAnya untuk transaksi dan menyimpan dana sesuai saldo minimal.

Baca Juga : Gegara Judi Online, 1000 Rekening Bank Diadukan ke Kominfo

Jika terlanjur dilakukan tutup rekening BCA maka rekening tidak bisa lagi dipulihkan atau digunakan. Artinya, pemilik rekening tidak bisa lagi bertransaksi dan harus membuat rekening baru.

Rekening BCA yang sudah mati juga tidak bisa lagi menerima transfer, transaksi transfer akan otomatis dibatalkan, dan dana dikembalikan ke rekening sumber. Diharapkan seluruh nasabah memahami aturan tutup rekening BCA ini agar tidak terjadi keluhan di kemudian hari.

Saldo minimal rekening BCA :

  1.       Tapres BCA : Rp 0
  2.       Simpanan Pelajar : Rp 5.000
  3.       Tahapan Xpresi : Rp 10.000
  4.       TabunganKu : Rp 20.000
  5.       Tahapan BCA : Rp 50.000
  6.       Tahapan Berjangka : Rp 50.000
  7.       Tahapan Gold : Rp 50.000

Meski saldo minimal rekening BCA jenis Tapres BCA ialah Rp 0, jika tidak ada transaksi apapun selama 12 bulan berturut-turut maka rekening tetap akan ditutup sebagaimana aturan yang berlaku.

Pahami jumlah saldo minimal rekening BCA tersebut dan pastikan tetap lakukan transaksi serta hindari saldo Rp 0 agar terhindar dari penutupan rekening oleh pihak Bank BCA.

Syarat agar rekening BCA tidak ditutup :

  1. Tetap isi dana di rekening
  2. Pakai rekening untuk media transaksi rutin misalnya transfer gaji atau transaksi jual beli
  3. Hindari membiarkan saldo Rp 0 di rekening dalam waktu lama

Baca Juga : Hore! Kini Transaksi dan Belanja di Vietnam Bisa Pakai QRIS