Apple: Jangan Simpan iPhone yang Kemasukan Air di Beras

Apple merilis peringatan terkini untuk pengguna iPhone mengenai penanganan perangkat yang terkena air. Pelajari selengkapnya di sini!

Apple: Jangan Simpan iPhone yang Kemasukan Air di Beras
Apple: Jangan Simpan iPhone yang Kemasukan Air di Beras. Gambar : Dok.Bloomberg

BaperaNews - Apple baru-baru ini merilis peringatan penting kepada pengguna iPhone terkait cara penanganan jika perangkat mereka terkena air. Perusahaan teknologi tersebut menegaskan bahwa merendam iPhone yang basah ke dalam sekantong beras justru dapat menyebabkan masalah tambahan, karena partikel-partikel kecil beras dapat merusak ponsel tersebut.

Dalam peringatan terbarunya, Apple merekomendasikan langkah-langkah yang harus diambil jika iPhone terkena air. Pertama, pengguna diminta untuk mengetuk iPhone dengan lembut pada tangan dengan konektor menghadap ke bawah untuk menghilangkan kelebihan cairan.

Setelah itu, disarankan untuk membiarkan ponsel di tempat yang kering dengan aliran udara selama minimal 30 menit. Jika cairan masih muncul, iPhone harus dibiarkan di tempat yang kering hingga satu hari.

Proses pengeringan Apple kemasukan air mungkin memerlukan waktu hingga 24 jam agar perangkat benar-benar kering. Jika ponsel masih tidak mengisi daya setelah dikeringkan, Apple menyarankan untuk mencabut kabel dari adaptor dan menyambungkannya kembali. Namun, perlu diingat bahwa Apple tidak menyarankan untuk mengisi daya iPhone saat keadaan basah.

Gambar: iPhone Resmi Rilis IOS 17,3 Maling Auto Takut!

Apple juga memberikan petunjuk terkait penggunaan pengisi daya nirkabel. Pengguna masih dapat menggunakan pengisi daya nirkabel untuk mengisi daya iPhone mereka, namun disarankan untuk memastikan bahwa bagian belakang iPhone kering sebelum meletakkannya di atas pengisi daya bersertifikasi Qi untuk hasil yang optimal. 

Sangat penting untuk diingat bahwa proses pengeringan dapat memakan waktu beberapa jam atau bahkan berhari-hari, tergantung pada jumlah air yang masuk ke dalam perangkat. Selama proses pengeringan, sangat penting untuk menahan diri untuk tidak menyalakan ponsel, karena hal ini dapat menyebabkan kerusakan lebih lanjut.

Jika ponsel terus mengalami masalah setelah dikeringkan, Apple menyarankan untuk membawanya ke penyedia layanan resmi untuk mendapatkan bantuan profesional.

Gambar: 10 iPhone yang Miliki Baterai Paling Awet, Tertarik Membelinya?