Antigalau, Pelihara Hewan Ini Bisa Mengatasi Kesepian

Kesepian seringkali kita rasakan dengan perasaan hampa dan merasa sendiri, coba peliraha hewan ini untuk dapat mengatasi kesepian!

Antigalau, Pelihara Hewan Ini Bisa Mengatasi Kesepian
Hewan yang bisa mengatasi kesepian. Gambar : Unsplash.com/Dok. Manja Vitolic

BaperaNews - Menurut American Psychological Association's (APA) di Amerika manusia modern lebih rentan untuk merasakan kesepian, terutama pada anak muda. Kesepian tersebut timbul dari berbagai tekanan, seperti mengenai prioritas hidup yang mendistraksi fokus pada diri sendiri pada pekerjaan, keluarga, ataupun sekolah membuat kurangnya perhatian pada rasa sepi dan kosong dalam hidup yang selalu ada.

Para peneliti mengatakan fenomena kesepian yang menyerang manusia modern akibat dari penggunaan platform media sosial. Penggunaan media sosial sebanyak dua kali sehari bahkan lebih dapat memberikan efek kecemasan sosial menurut studi di tahun 2017. Terlepas dari adanya kontak fisik antar manusia, tetap saja ada ruang kesendirian yang dirasakan lebih sering pada manusia modern.

Ada berbagai cara mengatasi kesepian, salah satunya dengan pelihara hewan untuk mengatasi kesepian. Diketahui bahwa beberapa hewan peliharaan bisa diajak berkomunikasi meski tidak bisa diajak berdialog. Namun, hewan bisa memahami perasaan pemiliknya.

Penasaran hewan apa saja yang bisa mengatasi kesepian? Simak 5 hewan yang bisa mengatasi kesepian!

Baca Juga : Bukan Boneka, Bocah Laki - Laki Ini Peluk Ikan Asli Ketika Tidur

5 Hewan Yang Bisa Mengatasi Kesepian:

  1. Anjing

Ilustrasi Anjing. Gambar : Pixabay.com

Anjing terkenal sebagai sahabat manusia karena sifatnya yang penurut dan setia kawan, sehingga bisa melindungi pemiliknya membuat anjing sangat disukai dan sering dipilih untuk menjadi hewan peliharaan.

Dr. Judith Joseph, psikiater asal New York mengatakan anjing mengerti manusia dengan baik dan memiliki empati yang tinggi. Bermain bersama anjing mampu meningkatkan oksitosin (Hormon cinta) dan dopamin, menciptakan perasaan, dan ikatan positif antara pemilik dengan hewan peliharaannya. Maka dari itu, anjing bisa dijadikan hewan yang bisa mengatasi kesepian pada manusia.

  1. Kucing

Ilustrasi Kucing. Gambar : Pixabay.com

Bermain bersama kucing dapat mengtasi kesepian karena interaksi dengan hewan ini dapat membuat hormon serotonin, oksitosin, dan dopamin meningkat. Hormon-hormon tersebut akan menciptakan rasa senang, bahagia, dan ketenangan ketika kita dilanda stres atau merasa cemas. 

Menariknya, kadar hormon-hormon ini akan berangsur bertambah semakin lama kita bermain bersama peliharaan. Dengan memelihara kucing, manusia akan merasa ditemani dan bisa menjadi hewan yang bisa mengatasi kesepian bagi manusia.

  1. Kuda

Ilustrasi Kuda. Gambar : Pixabay.com/Dok. KHphotography

Kuda ternyata tidak hanya cocok digunakan sebagai hewan untuk olahraga, kuda dipercaya dapat mengatasi trauma. Dengan berinteraksi bersama kuda, orang yang mengalami trauma dan merasa kosong atau kesepian akan dibantu untuk mengeksplorasi perasaannya. Di sisi lain, terapi trauma menggunakan kuda dapat membantu orang dalam mengatasi masalah berkomunikasi.

  1. Ikan Hias

Ilustrasi Ikan Hias. Gambar : Pixabay.com

Salah satu dampak dari kesepian adalah stress. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa melihat sekumpulan ikan hias dalam akuarium dapat membantu menurunkan tekanan darah dan memperlambat detak jantung.

  1. Kelinci

Ilustrasi Kelinci. Gambar : Pixabay.com/Dok. PublicDomainPictures 

Kelinci bisa menjadi pilihan untuk menjadi hewan yang bisa mengatasi kesepian. Ukurannya yang relatif besar sehingga bisa dipeluk, penurut dan diurus dengan mudah, sifat kelinci seperti ini dapat mengatasi kesepian manusia. 

Itulah 4 jenis hewan peliharaan yang bisa mengatasi kesepian, bagi kamu yang sedang kesepian dan membutuhkan teman hewan peliharaan adalah solusi terbaik!

Baca Juga : Ditjen Pajak Kenalkan Soleh, Kucing Yang Jadi Pegawai Di Kantor Pajak Serpong