5 Rekomendasi Film Horor Sama Seramnya Dengan Incantation Dan Ivanna

Di Indonesia sedang digencarkan oleh film horor, salah satunya film Incantation dan Ivanna. Berikut 5 rekomendasi film horor yang mirip dengan Incantation.

5 Rekomendasi Film Horor Sama Seramnya Dengan Incantation Dan Ivanna
Rekomendasi film horor yang mirip dengan Incantation. Gambar : dga.org

BaperaNews - Akhir-akhir ini Indonesia sedang digencarkan oleh film horor, salah satunya film Incantation dan Ivanna. Film asal Taiwan ini sukses menjadi box office terbesar di negara Taiwan. Perilisan film Incantation dilakukan oleh layanan streaming media digital, netlix.

Film Incantation terinspirasi dari kisah nyata yang melibatkan keluarga pemuja aliran sesat di Taiwan.

Incantation menceritakan perjalanan Li Ronan (Tsai Hsuan-yen) dalam menghadapi kutukan yang menimpa dirinya setelah ikut terlibat melanggar tabu dan pantangan sebuah kepercayaan pada 6 tahun lalu.

Teror horor ini sempat menghilang namun muncul kembali saat Li Ronan mencoba memulai kehidupan baru bersama dengan putri tercintanya.

Incantation yang disutradari oleh Kevin Ko ini direkam menggunakan teknik found footage atau biasanya dikenal dengan film dokumenter. Sehingga suasana film horor dengan mantra-mantra tersebut lebih menegangkan untuk para penonton.

Kalian semua pasti menunggu film horor yang mempunyai kemiripan dengan film Incantaation kan? Tenang aja, Baperanews.com sudah mempersiapkan daftar rekomendasi film horor yang memiliki konsep serupa dengan film Incantation. Mulai dari mantra, kutukan, teror, pemuja setan, hingga ancaman yang membuat kalian para penonton memacu adrenalin diri bahkan membuat diri kalian gelisah saat menonton.

Berikut ini adalah 5 Rekomendasi Film Horor Yang Sama Seramnya Dengan Incantation :  

1. The Exorcist - 1973

Poster Film The Exorcis. Gambar : middlewaysociety

Film horor yang berasal dari Amerika Serikat ini diadaptasi dari sebuah novel tahun 1971. The Exorcist diangkat dari kisah nyata, dimana ada sebuah praktik eksorsisme pada tahun 1949 pada seorang bocah laki-laki (14). Film ini menjadi film horor klasik yang paling menguntungkan yang pernah dibuat.

Mirip dengan Incantation, Seorang ibu berusaha mengembalikan anak gadisnya yang berumur 12 tahun kerasukan oleh entitas. Untuk menyelamatkan anaknya, ibu tersebut mencari bantuan dari dua pendeta. 

Dalam proses menyelamatkan anaknya, disini kita sebagai penonton dilihatkan bagaimana perilaku iblis dalam diri anak perempuan yang tadinya manis hingga menjadi jelmaan iblis yang kejam.

Baca Juga : Inilah Sinopsis Film Ivanna Yang Tayang 14 Juli 2022, Seri Lanjutan Danur 2: Maddah

2. The Medium - 2021

Poster Film The Medium. Gambar : pomsuay.com

Negara Thailand sukses membuat film yang bertemakan dokumenter yang mirip seperti Incantation dimana film horor The Medium mewawancarai seorang tabib lokal dan perdukunan setia di Thailand Utara.

Berkisah dari kehidupan Nim (Sawanee Utoomma) seorang dukun yang diyakini masyarakat setempat sebagai medium dari roh Ba Yan. Roh Ba Yan ialah salah satu dewa keramat yang disembah oleh masyarakat setempat.

Seiring perjalanannya kondisi Min menjadi parah usai ia mencoba mengobati keponakannya yang bertingkah aneh.

Film dengan alur lambat ini akan menyajikan jumpscare yang ditampilkan beberapa kali, sampai ada perpaduan dari hal-hal menyeramkan hingga menjijikan yang ditunjukkan satu per satu tanpa henti.

Sensasi dokumenter ini, kita akan merasa mengikuti perjalanan tim dokumenter mencari dukun di Thailand Utara, mengikuti kehidupan sehari-hari Nim, hingga mengikuti ritual pengusiran roh jahat.

3. Noroi: The Curse - 2005

Poster Film Noroi: The Curse. Gambar : imdb.com

Sama seperti Incantation, film horor yang berasal dari negara Sakura, Jepang menggunakan film bergenre dokumenter.

Film Noroi: The Curse ini kita disuruh mengikuti perjalanan seorang jurnalis yang tertarik dengan dunia paranormal.

Masafumi Kobayashi (seorang jurnalis) yang selalu menyelidiki serangkaian peristiwa misterius yang ia temui, namun tidak ada keterkaitan apa-apa dalam penyelidikannya. Seiring investigasi yang makin mendalam Kobayashi menyadari bahwa penyelidikan misteriusnya saling berhubungan yang menciptakan teka-teki besar.

Di Noroi: The Curse diperjalanannya menampilkan kutukan, ritual setan, dan menjelajahi tempat-tempat terpencil dengan rahasia.

Baca Juga : Kisah Nyata di Balik Film Horor Taiwan Incantation

4. The Blair Witch Project - 1999

Poster Film The Blair Witch Project. Gambar : catchplay.com

Awal mulai kisah film horor satu ini, berawal dari 3 mahasiswa dari perfilman yang melakukan penjelajahan ke Black Hills forest di Maryland sembari membuat film dokumenter tentang lagenda lokal bernama penyihir Blair.

Dalam proyek dokumenter, 3 mahasiswa mewawancarai warga di tempat tersebut dan mengumpulkan petunjuk untuk mendukung kebenaran si penyihir Blair. Proyek dokumenter tersebut berubah seketika menjadi menakutkan saat 3 mahasiswa tersesat di hutan dan mendengar suara-suara yang mengerikan.

Satu tahun telah berlalu, ketiga mahasiwa menghilang dan hanya menemukan rekaman dari rekaman video dokumenter itu. Salah satu mahasiswa perempuan yang hilang mempunyai Saudara bernama James. 

lalu James dan teman-temannya menelusuri kembali Black Hills forest untuk menemukan jawaban kenapa saudara perempuannya menghilang saat menyelidiki lagenda penyihir Blair.

The Blair Witch Project mempunyai kesamaan footage horor yang serupa, seperti perekaman dokumenter, mencari fakta, dan menjelajah area yang dilarang.

5. Hereditary - 2018

Poster Film The Blair Witch Project. Gambar : imdb.com3

Film horor yang berceritakan tentang keluarga yang diganggu oleh sosok mistis. Dimulai dari kematian sang Nenek yang membuat keluarga berduka.

Kematian sang nenek membuat rumah tangga anaknya yaitu Annie selalu diteror oleh sosok mahluk misterius.

Film horor Hereditary menceritakan tentang bekas keluarga yang tidak bisa dihindari entah itu penyakit mental atau tragedi besar yang disebabkan oleh sang nenek yang ternyata ikut pemuja setan.

Kejadian aneh mulai bermunculan Annie mulai menelusuri apa yang telah terjadi terhadap keluarga kecilnya sendiri, ketika Annie selalu berusaha mencari tahu apa penyebabnya namun justru lebih berbahaya.

Alur cerita film Hereditary mirip dengan film horor Incantation sama-sama mempunyai ritual pemujaan setan.

Baca Juga : Rekomendasi Film Mancanegara Hingga Dalam Negeri Yang Tayang Juli Sampai Agustus 2022