4 Cara Menekan Keinginan Makan Berlebihan untuk Menurunkan Berat Badan

Makan berlebihan jadi alasan besar penyebab obesitas, nah berikut ini ada 4 cara untuk menekan keinginan makan berlebih untuk menurunkan berat badan

4 Cara Menekan Keinginan Makan Berlebihan untuk Menurunkan Berat Badan
cara menekan keinginan makan berlebihan untuk menurunkan berat badan. Gambar : Nakaridore/freepik

BaperaNews - Keinginan untuk banyak menikmati panganan lezat sangatlah wajar terjadi. Saat rasa lapar belum terpuaskan, seringkali aktivitas makan menjadi tak dapat dikendalikan.

Banyaknya makan tanpa adanya batasan, tentu akan menimbulkan dampak naiknya berat badan. Bagi kalian yang ingin menurunkan berat badan atau diet. kondisi ini akan menjadi masalah serius. Doyan makan, tapi ingin turun berat badan, apakah bisa?

Dengan mengontrol pola makan kalian, program diet pun akan bisa berjalan lancar. Bagaimana cara menekan keinginan makan berlebihan?

1.Pahami Asal Mula Keinginan Makan Tersebut

Keinginan untuk makan merupakan respon yang wajar dari tubuh dalam rangka memberikan perlindungan pada tubuh itu sendiri. Pernyataan ini pun dibenarkan oleh ahli gizi bernama Dena Gershkovich (Pemilik TheArtsyPalate.com).

Saat kalian dalam kondisi sangat lapar karena tak mendapat asupan makanan, keinginan untuk makan makanan dengan kandungan lemak yang tinggi dan kandungan gula tak bisa dihindari. Kedua poin tersebut mampu meredakan rasa lapar dengan sangat cepat. Karena memang lemak bisa dijadikan sebagai sumber energi dan gula mempunyai sifat mudah diserap oleh tubuh.

Dalam upaya untuk menurunkan berat badan, banyak orang yang justru melakukan kesalahan dengan membatasi asupan makanan harian. Sebenernya agar aktivitas makan bisa terkontrol bisa dengan makan sepanjang hari, dengan porsi yang sesuai.

2.Jangan Membatasi, Tapi Menunda Nya

Jika kalian takut gemuk karena makan makanan yang kalian sukai, itu salah besar. Kalian bisa tetap makan makanan yang kalian sukai hanya saja jumlahnya dikurangi menjadi lebih sedikit. Atau mungkin bisa juga menundanya untuk beberapa waktu. Menurut pakar diet, cara ini tetap efektif digunakan selama masa diet bernama Melissa Mitri (Wellness Verge)

3.Tak Boleh Melewatkan Sarapan

Sarapan sangat penting dalam membantu mengontrol kadar gula dalam darah. Selain itu, sarapan juga efektif membantu kalian agar tak menginginkan makanan tertentu di kemudian hari karena sudah mengkonsumsinya (mengidam). Sarapan bisa digunakan untuk menekan keinginan makan berlebihan.

4.Tenangkan dengan Secangkir Teh

Secangkir teh, bisa membantu kalian dalam mengatasi rasa lapar sementara. Keinginan berlebih untuk makan pun bisa dikendalikan apalagi sebelum waktu makan tiba. Secangkir teh terbukti ampuh dalam hal menenangkan perut lapar.