2 Korban Ledakan Tabung Kompor Saat Ngaben Massal Di Bali Kini Meninggal Dunia

Dua orang yang menjadi korban ledakan tabung gas minyak kompor pembakaran jenazah di upacara ngaben massal di Bali, kini meninggal dunia.

2 Korban Ledakan Tabung Kompor Saat Ngaben Massal Di Bali Kini Meninggal Dunia
Dua orang yang menjadi korban ledakan tabung gas minyak kompor pembakaran jenazah di upacara ngaben massal di Bali, kini meninggal dunia. Gambar : Dok. Humas Polda Bali

BaperaNews - Dua korban peristiwa ledakan tabung gas minyak kompor pembakaran jenazah di upacara ngaben massal yang sebelumnya dirawat di RSUP Sanglah Denpasar, Bali kini telah meninggal dunia.

“Sudah meninggal dunia” ujar Kepala Sub Bagian Humas RSUP I Ketut Dewa Minggu (21/8).

Dua korban tersebut bernama Bagus Oscar dan I Kadek Gian, meninggal dunia pada Sabtu malam (20/8). “Tadi malam jam 20.00 dan 07.12 WITA” imbuhnya.

Sebelumnya ada enam korban peristiwa ledakan tabung gas minyak kompor pembakaran jenazah di upacara ngaben massal yang dirujuk ke RSUP dengan luka bakar.

“Pasien luka bakar korban ledakan tabung gas minyak kompor ada enam ke RSUP Sanglah, luka bakar terberat 94% dan terendah 38%, belum ada rencana tindakan. Saat ini masih menstabilkan kondisi pasien untuk life support dan resusitasi pasien untuk mengganti cairan dari luka bakar” ujarnya.

Korban yang mengalami luka bakar dari peristiwa ledakan tabung gas minyak kompor pembakaran jenazah di upacara ngaben massal tersebut ada 8 orang, kegiatan kremasi massal dilakukan di Kuburan Desa Adat Selat, Desa Belega, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar, Bali Jumat (19/8) pukul 19.30 WITA.

Baca Juga : Viral! Seorang Jaksa Di Jombang Cabuli Pelajar SMA, Mucikari Ternyata Kakak Kelas

“Terjadinya luka bakar kemungkinan karena korban berada pada posisi yang dekat dengan sumber ledakan, kasus ini masih dalam penyelidikan Polsek Blahbatuh” sambung Kabid Humas Polda Bali Kombespol Stefanus.

Daftar korban peristiwa ledakan tabung gas minyak kompor pembakaran jenazah di upacara ngaben massal tersebut ialah :

  1. I Ketut Muliana (49) – tangan melepuh.
  2. Adi Wiranata (32) – melepuh di sekujur tubuh.
  3. I Gusti Nyoman (60) siku dan tangan kiri luka.
  4. I Gusti Ngurah (11) – luka melepuh di beberapa bagian tubuh.
  5. I Gusti Made (50) – luka melepuh di sekujur tubuh.
  6. Bagus Oscar (34) – luka bakar sekujur tubuh (meninggal dunia).
  7. I Kadek Gian (15) – luka bakar sekujur tubuh (meninggal dunia).

Tabung gas minyak kompor meledak ketika dilakukan pembakaran yang terakhir, kompor yang dipakai ketika acara sebanyak tujuh kompor dengan isi solar dan pertalite. Belum diketahui penyebab pasti dari meledaknya tabung gas minyak kompor tersebut.

Di TKP, tabung gas minyak kompor ditemukan dalam kondisi jebol di bawahnya, kompresor yang mendorong minyak ke tabung dan selangnya rusak terbakar.

“Kemungkinan terjadi ledakan karena ada arus balik udara di kompresor dan jarak selang antara tabung dengan kompresor terlalu pendek sehingga tabung minyak panas dan meledak” ujar pemilik kompor jenazah, I Made Suarta.