TNI-POLRI Siagakan 20 Ribu Personel, Fahd A Rafiq : Lancarkan Keamanan KTT ASEAN 2023

Ketua Umum DPP Bapera Fahd El Fouz A Rafiq, menyampaikan bahwa TNI-Polri akan menerjunkan 20.000 personel, jelang pembukaan KTT ASEAN 2023 di Jakarta.

TNI-POLRI Siagakan 20 Ribu Personel, Fahd A Rafiq : Lancarkan Keamanan KTT ASEAN 2023
TNI-POLRI Siagakan 20 Ribu Personel, Fahd A Rafiq : Lancarkan Keamanan KTT ASEAN 2023. Gambar : Fahd A Rafiq dok.istimewa

Bapera News - Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono dan Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo mengatakan personel yang terlibat pengamanan KTT Ke-43 ASEAN di Jakarta siap mengantisipasi kerawanan dengan kompleksitas yang ada di Ibu Kota.

Lebih dari 20.000 personel polisi dan militer Indonesia dikerahkan untuk meningkatkan keamanan di ibu kota Jakarta jelang KTT Negara-negara Asia Tenggara (ASEAN) ke-43.

Ketua Umum DPP Bapera Fahd El Fouz A Rafiq, menyampaikan bahwa TNI-Polri akan menerjunkan 20.000 personel, jelang pembukaan KTT ASEAN 2023 di Jakarta, TNI juga menerjunkan sejumlah alat utama sistem persenjataan atau Alutsista baik di darat, laut, maupun udara. 

“TNI bersama Polri telah menerjunkan 20 Ribu Personel, personel gabungan ini untuk melancarkan keamanan selama KTT ASEAN 2023 berlangsung yang dilaksanakan selama 9 hari. Dimulai pada H-5 sampai nanti H+2, tidak hanya personel gabungan, TNI juga menyediakan sistem alutista baik darat, laut dan udara.” Ujar Fahd A Rafiq.

Baca Juga : Fahd A Rafiq Tanggapi Pemerintah Perkuat Sinergi dan Inovasi Pengendalian Inflasi

Dirinya menambahkanya, “Dengan pengamanan esktra dari TNI-Polri, saya harapkan keberhasilan dalam pengamanan ini akan memberikan efek besar terhadap stabilitas perdamaian dan kesejahteraan bagi Indonesia kawasan ASEAN dan dunia.” Tutup Fahd A Rafiq Minggu, (3/9/23).

Aparat gabungan ini juga akan mengamankan wilayah luar Jakarta, termasuk pesisir utara Pulau Jawa.

Adapun kompleksitas kerawanan yang dihadapi dalam KTT Ke-43 ASEAN, seperti kemacetan, berbagai dinamika kegiatan masyarakat, situasi politik, ancaman siber, ancaman terorisme, hingga ancaman keselamatan para delegasi.

TNI-Polri sudah memiliki pengalaman mumpuni dalam pengamanan kegiatan internasional seperti KTT G-20 di Bali dan KTT ASEAN di Labuan Bajo.

Presiden Indonesia Joko Widodo akan membuka KTT ASEAN 2023 yang dihadiri oleh kepala negara dari 11 negara ASEAN dan 9 negara mitra yang berpartisipasi di berbagai forum regional yang membahas cara meningkatkan kerja sama bilateral dan kemitraan ekonomi.

Baca Juga : Fahd A Rafiq Mendukung Presiden Jokowi Dorong Hilirisasi Produk UMKM