Secanggih Apa iPhone 14 Pakai Chipset A16 Bionic?

Apple akan mengumumkan penggunaan chipset terbaru A16 Bionic di iPhone 14 yang diharapkan mendapat peningkatan dari pendahulunya.

Secanggih Apa iPhone 14 Pakai Chipset A16 Bionic?
iPhone 14 pakai Chipset A16 Bionic. Gambar : ceoweekly.com

BaperaNews - Apple dikabarkan akan mengumumkan penggunaan chipset terbaru A16 Bionic dalam jajaran iPhone 14 yang diharapkan mendapat peningkatan dari pendahulunya.

Chipset A16 Bionic tersebut diklaim bisa menaikkan kinerja hingga 11%, meningkatkan efisiensi daya sampai 22%, dan memiliki teknologi RAM terbaru.

Laporan sebelumnya mengungkap iPhone 14 Pro dan Pro Max dilengkapi RAM 6GB, teknologi yang digunakan juga ditingkatkan secara keseluruhan. Total kenaikan performanya diperkirakan mencapai 20% yang sudah cukup bagi A15, GPI juga naik 25 - 30%.

Di sisi kamera, iPhone 14 didukung sensor utama 48 MP, peningkatan lensa depan akan diutamakan. Untuk seri terbaru iPhone nantinya, versi mini juga dihilangkan namun tetap meluncurkan empat model yakni iPhone 14, iPhone 14 Max, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max.

Bocoran lain tentang seri iPhone terbaru ialah tidak ada notch andalan dan akan diganti dengan lubang ganda di atas layar.

Dari segi harga, Wedbus Securities and Ives memperkirakan ada lonjakan harga US$100 dari model sebelumnya, karena naiknya harga rantai pasokan.

Baca Juga : Waspada Puluhan Malware Di Aplikasi Google Play Store

“Harga telah meningkat di semua rantai pasokan, dan Cupertino (lokasi kantor pusat Apple) perlu membebankan biaya ini kepada konsumen” ujar Ives.

Berikut Perkiraan Harga iPhone 14 :

  • iPhone 14 US$899 (Rp 13,4 juta)
  • iPhone 14 Max US$999 (Rp 14,9 juta)
  • iPhone 14 Pro US$1,099 (Rp 16,4 juta)
  • iPhone 14 Pro Max US$1,199 (Rp 17,9 juta)

Seluruh produk Apple iPhone di semua serinya termasuk seri 14 mendatang diklaim memakai software khusus yang dikembangkan oleh Apple sendiri secara khusus, perangkat lunak dalam sistem operasi iOS nya terintegrasi dan melengkapi hardwarenya. Sehingga disebut bisa memberi performa terbaik dan menjadi salah satu sebab utama harganya terbilang mahal.

iPhone sendiri punya pasar cukup baik di Indonesia, meski harganya terbilang beda jauh dari smartphone merk lain, hal ini tidak mengurangi minat pengguna.

Produk Apple iPhone selain disukai dari segi manfaat dan kinerjanya, juga menjadi salah satu bentuk pembuktian kemampuan dimana sebagian besar penggunanya ialah kalangan menengah ke atas bahkan tidak sedikit kalangan menengah yang membelinya secara kredit demi bisa memilikinya.