PSSI: Indonesia Akan Maju Jadi Calon Tuan Rumah Piala Asia 2023

Ketua PSSI, Mochamad Irawan menyatakan bahwa Indonesia akan mengajukan proposal untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023 setelah disetujui oleh pemerintah Indonesia.

PSSI: Indonesia Akan Maju Jadi Calon Tuan Rumah Piala Asia 2023
PSSI ajukan proposal untuk jadi tuan rumah Piala Asia 2023 setelah disetujui Pemerintah. Gambar : Bola.com/Dok. M Iqbal Ichsan

BaperaNews - PSSI secara resmi mengajukan proposal untuk jadi tuan rumah Piala Asia 2023 setelah disetujui oleh pemerintah Indonesia. “Setelah koordinasi dengan pemerintah, dalam hal ini Kemenpora. Akhirnya PSSI resmi mengajukan diri untuk jadi tuan rumah Piala Asia 2023. PSSI menyampaikan terima kasih kepada pemerintah dalam hal ini Menpora Zainuddin yang telah memberi dukungan” ujar Ketum PSSI, Mochamad Iriawan.

PSSI sudah mengirim semua syarat kepada AFC yang jadi konfederasi sepak bola Asia tentang pengajuan jadi tuan rumah. Indonesia jadi Negara kelima yang mengajukan diri untuk jadi tuan rumah setelah Korea Selatan, Qatar, Australia, dan Jepang.

Piala Asia 2023 akan dilaksanakan pada 16 Juni – 16 Juli 2023, beda 5 hari dari Piala Dunia U-20 yang akan dilaksanakan pada 20 Mei – 11 Juni 2023. Menpora Zainudin menyebut pemerintah sudah setuju pengajuan PSSI untuk jadi tuan rumah Piala Asia. Menpora juga menyampaikan Presiden Jokowi sudah mengetahui rencana tersebut.

Sebelumnya Piala Asia 2023 direncanakan berlangsung di China, namun China mengundurkan diri karena adanya pandemi covid-19 yang kembali melonjak di Negara tersebut. Sementara batas pengajuan proposal untuk jadi tuan rumah Piala Asia ialah 15 Juli 2022.

Baca Juga : Jadwal Piala Dunia U-20 2023 Sudah Diumumkan! Momen Hari Kebangkitan Nasional

Indonesia pernah jadi tuan rumah Piala Asia pada 15 tahun lalu. Jika kali ini Indonesia disetujui AFC untuk jadi tuan rumah, tentu akan menjadi tahun sibuk bagi insan sepakbola Indonesia dan bisa mengangkat perekonomian serta wisata Indonesia.

Piala Asia 2023 akan diikuti oleh 24 negara yang sudah lolos, Indonesia termasuk diantaranya. 23 negara lain yang juga lolos Piala Asia 2023 ialah Yordania, Palestina, India, Uzbekistan, Bahrain, Tajikistan, Kyrgyzstan, Malaysia, Thailand, Hong Kong, Australia, Jepang, Iran, Irak, Korea Selatan, Oman, Libanon, China, Qatar, Uni Emirat Arab, Arab Saudi, Suriah, dan Vietnam.

Hingga saat ini, belum ditentukan siapa yang jadi tuan rumahnya, pihak AFC juga belum mengumumkan akan memilih tuan rumah secara resmi, pemilihan tuan rumah masih dipertimbangkan oleh AFC.

Indonesia sendiri sudah resmi jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023, sudah ada 6 negara yang dipastikan masuk, yakni Indonesia sebagai tuan rumah, Prancis, Italia, Inggris, Israel, dan yang terbaru Slovakia. Slovakia resmi lolos setelah mengalahkan Austria di laga play off.