Kesurupan Ternyata Bukan Karena Setan, Ini Penyebab Ilmiahnya!

Hingga saat ini penyebab Kesurupan masih menjadi misteri, kebanyakan orang menganggap kesurupan disebabkan oleh masuknya jin alias setan kedalam tubuh. Ternyata ada penyebab kesurupan secara ilmiah!

Kesurupan Ternyata Bukan Karena Setan, Ini Penyebab Ilmiahnya!
Ilustrasi Foto Kesurupan ternyata karena setan. Gambar : Dok. Warner Bros

BaperaNews - Pernahkah kamu melihat orang kesurupan? Orang yang mengalami kesurupan biasanya mengekspresikan tingkah laku di luar kesadaran mereka. Ada yang berteriak histeris, memberontak sambil menangis, dan kondisi aneh lainnya.

Di Indonesia, penyebab Kesurupan indentik dengan hal-hal mistis, sebagian besar orang beranggapan ini disebabkan hal mistis atau ghaib yang disebabkan makhluk halus. setan atau semacamnya.

Padahal kesurupan jika dilihat dari sisi sains adalah kondisi kejiwaan pada sesorang yang disebabkan oleh banyak faktor yang mempengaruhinya. 

Gangguan mental atau kondisi kejiwaan ini disebut juga Possession Trance Disorder yang ditandai dengan hilangnya sebagian atau seluruh integrasi akan pikiran, identitas kesadaran, dan memori akan lingkungannya seolah-olah terpisah dari tubuh.

Possession Trance ini dikenali saat kondisi manusia seolah berubah dari indentitas dirinya, Tubuhnya seolah kerasukan sesuatu yang dipercaya sebagai roh atau hantu, kadang juga sebagai orang lain yang berhalusinasi dan mengalami amnesia sesaat.

Berbeda dengan Trance Disorder, di mana seseorang masih bisa menyadari identitas dirinya tetapi kehilangan kesadaran terhadap kejadian di sekitarnya sehingga jadi susah untuk berbicara ataupun bergerak.

Baca Juga : Kenapa Badan Manusia Bisa Bau? Simak Penyebab Bau Badan Hingga Cara Mencegahnya!

Seseorang mengalami kesurupan bisa dipicu kondisi stress dan tekanan mental, Kesurupan massal terjadi karena sugesti dari seseorang di sekitarnya yang mengalami hal yang sama. Contohnya kasus kesurupan pada anak pelajar kelas 3 yang merasa tertekan menghadapi ujian nasional, yang kemudian menyebabkan pelajar lain ikut stres dan panik, sehingga terjadilah kesurupan massal.

Menurut pendapat para ahli, penyebab kesurupan dipengaruhi karena faktor genetik, lingkungan, ekonomi serta trauma di masa lalu.

Para ahli dan peneliti menyebutkan peristiwa tersebut sebagai histeria massal. Namun, masih banyak orang yang mengganggap bahwa gangguan atau kondisi ini dikaitkan dengan orang yang mengalami epilepsi (Gangguan sistem saraf), tourette’s syndrome (Kelainan), dan skizofrenia (Gangguan pikiran dan emosi).

Jadi, jika kamu melihat orang kesurupan cara mengatasinya melalui tindakan medis dari dokter atau psikolog. Karena berdasarkan penelitian ilmiah penyebab kesurupan diakibatkan kondisi stress yang berdampak pada penyakit mental atau kejiwaan.

Namun, tak ada salahnya tetap mempercayai bahwa kesurupan berasal dari masuknya mahluk halus kedalam tubuh, sebab hingga saat ini penyebab kesurupan masih menjadi misteri dalam budaya di Indonesia.

Baca Juga : Viral Video Wanita Berdiri Di Atas Genteng, Diduga Kesurupan Kuntilanak