Kerispatih dan Sammy Simorangkir Dilarang Bawakan Lagu Ciptaan Badai

Badai Eks Kerispatih sampaikan surat terbuka atas larangan penggunaan karya miliknya, ia melarang Kerispatih bawakan lagunya tanpa izin ketika berduet dengan Sammy Simorangkir.

Kerispatih dan Sammy Simorangkir Dilarang Bawakan Lagu Ciptaan Badai
Kerispatih dan Sammy Simorangkir dilarang bawakan lagu ciptaan Badai. Gambar : Fimela.com/Nurwahyunan

BaperaNews - Badai Eks Kerispatih yang dikenal sebagai pianis sekaligus pencipta lagu hits Kerispatih menyampaikan surat terbuka atas larangan penggunaan karya miliknya pada Jumat (28/10/2022).

Badai dikenal sebagai pencipta lagu sukses yang membawa nama Kerispatih dikenal di industri musik tanah air, deretan lagunya bisa dibilang jadi penopang kesuksesan Kerispatih dan juga Sammy Simorangkir.

Bisa dibilang mayoritas kesuksesan lagu Kerispatih merupakan ciptaan Badai, diantaranya seperti Demi Cinta, Aku Harus Jujur, Tertatih, Bila Rasaku Ini Rasamu, Lagu Rindu, Cinta Putih, Tak Lekang Oleh Waktu dan masih banyak lagi.

Dalam videonya, Badai melarang Kerispatih membawakan lagunya ketika berduet dengan Sammy Simorangkir, ia menyebut pembawaan lagu miliknya saat kolaborasi antara Sammy Simorangkir dan Kerispatih harus memiliki kesepakatan profesional dengan dirinya selaku pencipta lagu.

“Per tanggal 28 Oktober 2022, saya tidak memberi izin atau melarang karya-karya saya dibawakan di atas panggung oleh Kerispatih dan Sammy Simorangkir dalam bentuk konsep reunion, featuring atau kolaborasi, tanpa izin dan kesepakatan profesional terhadap saya sebagai pemilik lagu,” Tulis Badai dalam akun Instagramnya @badaithepianoman dikutip Minggu, (30/10/2022).

Baca Juga : Jadwal Konser Tulus November 2022: Lokasi, Harga Tiket, Link pembelian!

Dirinya mengaku pernah membuat kesepakatan dengan Kerispatih pada beberapa waktu lalu, kesepakatan tersebut mengizinkan Kerispatih membawakan 20 lagu miliknya sebatas kebutuhan off air Kerispatih sebagai band tunggal, tidak dengan berkolaborasi dengan Sammy Simorangkir.

"Pada tanggal 4 juli 2022, saya bersama kerispatih telah melakukan perjanjian kerjasama pemakaian karya cipta. Kontrak tersebut hanya untuk kebutuhaan off air Kerispatih sebagai band tunggal. Dalam artian, tidak dengan melakukan kolaborasi,” Jelas Badai.

Ia menyebut dalam perjanjian kerjasama tersebut terdapat satu pasal khusus untuk konser kolaborasi reunian Kerispatih dengan Sammy Simorangkir, ia menyebutkan konser kolaborasi tersebut perlu izin khusus dan perjanjian professional dengan dirinya.

Surat terbuka itu ia sampaikan sebab dalam waktu dekat terdapat acara kolaborasi penampilan Sammy Simorangkir dengan Kerispatih, Konser yang dimaksud ialah Soundfest yang bakal digelar 5-6 November mendatang.

Sebab badai merasa pihak EO tak meminta izin secara langsung kepada dirinya atas penggunaan lagu-lagu ciptaannya. Maka dari itu Badai menegaskan melarang penggunaan lagu ciptaannya dibawakan oleh Kerispatig Feat Sammy Simorangkir di Soundfest.

Badai tak ragu menempuh jalur hukum bila terdapat pelanggaran dalam konser tersebut.

Baca Juga : Rihana Comeback, Isi Soundtrack Film Black Panther: Wakanda Forever