Final Indonesia Vs Vietnam Jadi Laga Hidup Mati Bagi Shin Tae-Yong

Final Piala AFF U-23 2023 antara Indonesia vs Vietnam bukan hanya pertarungan dua tim muda tangguh, melainkan juga menentukan masa depan pelatih Shin Tae-yong.

Final Indonesia Vs Vietnam Jadi Laga Hidup Mati Bagi Shin Tae-Yong
Final Indonesia Vs Vietnam Jadi Laga Hidup Mati Bagi Shin Tae-Yong. Gambar : Dok. PSSI

BaperaNews - Indonesia berhasil melaju ke babak final Piala AFF U-23 2023, dan akan berhadapan dengan Vietnam di Rayong Province Stadium, Rayong, pada Sabtu (26/8) pukul 20.00 WIB.

Namun, laga tersebut bukan hanya menjadi pertarungan dua tim muda tangguh di Asia Tenggara, melainkan juga menjadi ajang penentu masa depan pelatih Shin Tae-yong di kursi kepemimpinan timnas Indonesia.

Indonesia menunjukkan permainan impresif dengan mengalahkan Thailand dengan skor 3-1 di semifinal. Jeom Kelly Sroyer dan Muhammad Ferrari menjadi pahlawan kemenangan Garuda Muda dengan mencetak gol di menit awal pertandingan.

Meskipun demikian, perjuangan timnas Indonesia menuju final tidaklah mudah. Sebelumnya, timnas mampu lolos ke semifinal lewat jalur peringkat kedua terbaik di Grup B, di bawah Malaysia.

Sementara itu, Vietnam, yang dijuluki juara bertahan, berhasil melibas Malaysia dengan skor telak 4-1 di babak sebelumnya. Dengan catatan tersebut, laga final Piala AFF antara Indonesia vs Vietnam diprediksi akan berlangsung seru dan penuh ketegangan.

Terlebih, Vietnam telah menunjukkan keunggulannya dengan mengalahkan Malaysia, tim yang sebelumnya mampu mengatasi Indonesia di fase grup. 

Baca Juga : Shin Tae Young Terancam Dipecat apabila Indonesia kalah Lawan Vietnam?

Namun, dibalik pencapaian tersebut, sosok Shin Tae-yong mendapat sorotan tajam dari warganet Indonesia. Sejak ditunjuk menjadi pelatih timnas, prestasi Shin Tae-yong bersama timnas Indonesia belum memuaskan.

"Wajar kalau ada desakan Shin Tae-yong mundur dari jabatan pelatih timnas Indonesia. Karena hingga saat ini belum ada prestasi yang bisa dibanggakan selama timnas Indonesia di pegang Shin Tae-yong baik di level senior maupun kelompok umur." ujar Akmal Marhali, koordinator Save Our Soccer (SOS).

Akmal menambahkan bahwa prestasi bukan hanya tentang lolos ke putaran final, melainkan memenangkan trofi.

"Masyarakat membutuhkan trofi juara, sebagai bukti keberhasilan, bukan sekadar lolos ke sebuah kejuaraan," tegasnya.

Di masa kepemimpinan pelatih asal Korea Selatan ini, prestasi timnas Indonesia justru menurun, seperti yang terjadi di SEA Games 2021 dan Piala AFF 2022.

Meskipun demikian, PSSI sendiri memiliki pandangan berbeda. Erick Thohir, Ketua PSSI, menyebut bahwa Piala AFF U-23 kali ini tanpa target prestasi.

"Ini mesti diingat, Piala AFF U-23 di Thailand tanpa target. Kita akan mempersiapkan tim yang memang kita mau lakukan untuk mengisi persiapan U-23 yaitu Piala Asia U-23 (kualifikasi). Jadi Piala AFF U-23 bukan tim inti," ujarnya.

Hasil dari laga pertandingan Final Piala AFF antara Indonesia vs Vietnam akan memberikan dampak signifikan bagi masa depan Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia.

Mari kita dukung penuh Timnas Indonesia di final Piala AFF dan berharap yang terbaik untuk Garuda Muda. Saksikan pertandingan seru Final Piala AFF U-23 2023 Indonesia vs Vietnam. 

Baca Juga : Jadwal Final Piala AFF U-23 2023: Indonesia Vs Vietnam