Fahd A Rafiq Tanggapi Pemerintah Perkuat Antisipasi Dampak El Nino

Ketua Umum Bapera, Fahd A Rafiq menanggapi rencana pemerintah menghadapi El Nino pada puncaknya di bulan Agustus-September.

Fahd A Rafiq Tanggapi Pemerintah Perkuat Antisipasi Dampak El Nino
Fahd A Rafiq Tanggapi Pemerintah Perkuat Antisipasi Dampak El Nino. Gambar : Dok.Istimewa

Bapera News - Pemerintah terus melakukan penguatan langkah antisipasi dalam menghadapi dampak dari El  Nino yang puncaknya diprediksi pada bulan Agustus-September mendatang. Untuk itu, pemerintah terus memperkuat langkah antisipasi dalam menghadapi dampak dari El Nino tersebut.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati usai mengikuti rapat terbatas (ratas) yang dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (18/07/2023).

“Tadi kami bersama Bapak Presiden dan Bapak Wakil Presiden, Bapak Menko, dan beberapa menteri membahas tentang antisipasi dan kesiapan dalam menghadapi ancaman El Nino yang diprediksi puncaknya akan terjadi di bulan Agustus-September,” kata Dwikorita dalam keterangan persnya.

Ketua Umum DPP Bapera Fahd El Fouz A Rafiq memberi tanggapan, setelah Pemerintah terus melakukan penguatan langkah antisipasi dalam menghadapi dampak dari El Nino yang sesuai prediksi akan terjadi pada bulan Agustus-September mendatang.

Melalui Dwikorita Karnawati selaku Kepala BMKG menjelaskan setelah rapat dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka pada selasa kemarin, bahwa ancaman El Nino yang diprediksi BMKG puncaknya akan terjadi dibulan Agustus hingga September.

“Diketahui Pemerintah telah melakukan penguatan langkah antisipasi dalam menghadapi dampak dari El Nino yang sesuai prediksi akan terjadi pada bulan Agustus hingga September mendatang, kita harus mendukung Pemerintah dan BMKG dalam melakukan antisipasi terjadinya El Nino di Indonesia, kita ketahui dampak dari El Nino adalah memicu datangnya musim kemarau, atau dapat diartikan berkurangnya curah hujan di Indonesia.” Ujar Ketua Umum DPP Golkar Bagian Ormas Fahd A Rafiq.

Fahd A Rafiq juga menyampaikan, untuk itu masyarakat dihimbau agar untuk berperan aktif menjaga lingkungan dan terus memantau perkembangan cuaca dari BMKG. Terutama kepada masyarakat yang mata pencahariannya mengandalkan curah hujan agar mempertimbangkan kedepannya.

“Untuk masyarakat dihimbau agar terus menjaga lingkungan dan terus memantau perkembangan cuaca dari BMKG, terutama kepada masyarakat yang mata pencahariannya mengandalkan curah hujan, agar mempertimbangkan pada puncak El Nino di Indonesia.” Tutup Fahd A Rafiq.

Penulis : FNID