Data Statistik Timnas Indonesia Vs China di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Pertandingan Indonesia vs China di Kualifikasi Piala Dunia 2026 jadi peluang Indonesia raih kemenangan pertama. Simak statistik, prediksi susunan pemain, dan info siaran langsung.

Data Statistik Timnas Indonesia Vs China di Kualifikasi Piala Dunia 2026
Data Statistik Timnas Indonesia Vs China di Kualifikasi Piala Dunia 2026. Gambar : Dok. indonesiainside.id

BaperaNews - Pertandingan Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 antara Timnas Indonesia dan China menjadi ajang penting bagi kedua tim dalam meraih kemenangan perdana mereka.

Hingga matchday keempat, baik Indonesia maupun China belum menunjukkan hasil optimal di babak ketiga kualifikasi yang diikuti beberapa tim kuat Asia. 

Pertandingan ini digelar pada Selasa (15/10) pukul 19.00 WIB di Qingdao Youth Football Stadium, China.

Statistik Performa Timnas Indonesia dan China

Timnas Indonesia mengawali kompetisi dengan performa cukup stabil, meraih tiga hasil imbang berturut-turut. Laga sebelumnya menghadapkan Indonesia dengan Arab Saudi, Australia, dan Bahrain, yang berakhir dengan skor masing-masing 1-1, 0-0, dan 2-2. Saat ini, Indonesia menduduki posisi kelima klasemen sementara dengan tiga poin.

China, di sisi lain, mengalami kesulitan dalam kompetisi ini. Tim berjuluk "The Dragon" tersebut menderita tiga kekalahan berturut-turut dari Jepang, Arab Saudi, dan Australia.

Kekalahan besar 0-7 melawan Jepang, disusul dengan skor 1-2 melawan Arab Saudi, serta 1-3 melawan Australia, menempatkan China di posisi terbawah Grup C tanpa poin.

Baca Juga : Prediksi Starting Line Up Pemain China Vs Indonesia

Pertahanan Timnas Indonesia Jadi Kunci

Kekuatan utama Indonesia terlihat pada lini pertahanan, yang dinilai solid oleh kiper utama, Maarten Paes. Menurut Paes, solidnya pertahanan Indonesia merupakan hasil kerja sama seluruh tim, sehingga Indonesia baru kebobolan tiga gol sejauh ini.

Rata-rata kebobolan satu gol per pertandingan menjadi faktor penting yang menjaga Indonesia tetap tak terkalahkan di tiga laga awal.

“Pertahanan kami solid karena kerja sama seluruh pemain. Ini bukan hanya soal penjaga gawang, tetapi kontribusi semua,” ujar Paes dalam konferensi pers.

Rekor Head-to-Head Indonesia vs China

Secara historis, Indonesia dan China telah bertemu 17 kali. Hasilnya, Indonesia meraih tiga kemenangan, tiga kali imbang, dan menelan 11 kekalahan. Kemenangan terakhir Indonesia atas China terjadi pada 1987 di King's Cup dengan skor 3-1.

Pada pertemuan terakhir dalam Kualifikasi Piala Asia 2013, Indonesia kalah tipis 0-1 dari China. Dengan performa terkini China, Indonesia memiliki peluang memperbaiki rekor pertemuan.

Perbandingan Statistik Gol

Indonesia menunjukkan ketajaman di lini serang, mencetak tiga gol dalam tiga pertandingan awal. Sebaliknya, China hanya berhasil mencetak satu gol di sepanjang kompetisi ini.

Hal ini menyoroti perbedaan kekuatan serangan, dengan Indonesia mengandalkan pemain kunci seperti Rafael Struick dan Ragnar Oratmangoen. Sementara itu, China memiliki pertahanan yang rentan, telah kebobolan 12 gol dan menjadi tim dengan selisih gol terburuk di Grup C.

Susunan Pemain dan Persiapan

Timnas Indonesia akan kehilangan bek utama, Jordi Amat, yang mengalami cedera. Sebagai gantinya, Rizky Ridho diprediksi akan mengisi posisi tersebut, dengan Jay Idzes dan Mees Hilgers memperkuat lini belakang.

Di lini tengah, Thom Haye dan Ivar Jenner diandalkan untuk mengatur permainan dan memberikan suplai bola ke depan. Struick dan Oratmangoen kembali diharapkan menjadi andalan di lini serang.

Di kubu China, beberapa pemain inti, termasuk pemain naturalisasi Tyias Browning, mengalami masalah cedera. Pelatih Branko Ivankovic kemungkinan akan menerapkan taktik bertahan dengan strategi serangan balik untuk mengimbangi laju Timnas Indonesia.

Pertandingan Indonesia vs China dapat disaksikan langsung di televisi nasional Indonesia, RCTI, dan juga melalui platform streaming Vision+, mulai pukul 19.00 WIB.

Baca Juga : Berikut Link Live Streaming Timnas Indonesia Vs China di Kualifikasi Piala Dunia 2026