Dapat Dukungan Internasional, Prancis akan Bantu Proyek Makan Bergizi Gratis Prabowo

Pemerintah Prancis menyatakan siap mendukung program nasional Makan Bergizi Gratis di sekolah yang digagas oleh Presiden RI Prabowo Subianto. 

Dapat Dukungan Internasional, Prancis akan Bantu Proyek Makan Bergizi Gratis Prabowo
Dapat Dukungan Internasional, Prancis akan Bantu Proyek Makan Bergizi Gratis Prabowo. Gambar : RRI/Mulato

BaperaNews - Pemerintah Prancis memberikan dukungan penuh terhadap program nasional Makan Bergizi Gratis di sekolah yang digagas oleh Presiden RI Prabowo Subianto. 

Dukungan tersebut disampaikan melalui kunjungan Duta Besar Prancis untuk Indonesia, Fabien Penone, ke Sukabumi pada 17 Oktober 2024, sebagai bentuk nyata dari komitmen Prancis dalam mendukung program ketahanan pangan di Indonesia.

Kunjungan tersebut sekaligus memperlihatkan keterlibatan internasional dalam upaya meningkatkan kualitas gizi bagi anak-anak sekolah di Indonesia.

Dalam kunjungan tersebut, Fabien Penone didampingi oleh Tigor Pangaribuan, Deputi Badan Gizi Nasional Indonesia, serta melihat langsung pelaksanaan proyek percontohan susu dan makan bergizi gratis yang diikuti oleh 3.500 siswa di 15 sekolah di Kecamatan Warungkiara, Sukabumi, Jawa Barat.

Proyek ini merupakan bagian dari implementasi awal Program Makan Bergizi Gratis di Sekolah yang menjadi salah satu inisiatif unggulan dalam pemerintahan Prabowo Subianto.

Pada 17 Oktober 2024, akun media sosial resmi Kedutaan Besar Prancis di Jakarta, melalui X (dulu dikenal sebagai Twitter), menyatakan dukungannya terhadap program tersebut.

"Prancis mendukung penerapan Program Nasional @prabowo Makan Bergizi Gratis di Sekolah,” tulis akun @FranceJakartaID.

Dukungan dari Prancis tak hanya terbatas pada partisipasi simbolis, tetapi juga diwujudkan dalam bentuk bantuan nyata.

Pemerintah Prancis telah berkomitmen untuk memberikan kontribusi dana sebesar 260 ribu euro, atau setara dengan sekitar Rp4,38 miliar, untuk mendukung program ini. 

Bantuan ini merupakan bagian dari rencana Prancis untuk mendukung Program Pangan Dunia (World Food Programme/WFP) yang bekerja sama dengan Indonesia dalam proyek ketahanan pangan.

Selain dana, Prancis juga memberikan keahlian teknis dalam pelaksanaan program ini, termasuk dalam mendukung Indonesia untuk bergabung dengan School Meals Coalition, sebuah inisiatif global yang diupayakan oleh WFP.

Baca Juga : Anggaran untuk Makan Bergizi Gratis Habiskan Rp800 Miliar per Hari

Program ini bertujuan untuk memastikan bahwa anak-anak di seluruh dunia memiliki akses terhadap makanan bergizi yang disediakan di sekolah, dengan harapan dapat meningkatkan kesehatan serta prestasi akademik mereka.

Program Makan Bergizi Gratis yang diluncurkan Prabowo Subianto menjadi salah satu proyek prioritas pemerintahannya, dengan fokus pada peningkatan kualitas gizi anak-anak Indonesia, terutama mereka yang berada di sekolah-sekolah.

Proyek percontohan yang berlangsung di Sukabumi ini melibatkan 15 sekolah dengan total 3.500 siswa, di mana mereka mendapatkan susu dan makanan bergizi secara gratis setiap harinya.

Melalui kemitraan antara Indonesia Food Security Review (IFSR) dan Yayasan Prabowo Subianto, proyek ini diharapkan dapat menjadi landasan bagi pelaksanaan program yang lebih luas di seluruh Indonesia.

Pemerintah, bersama berbagai mitra internasional seperti Prancis, berupaya memastikan bahwa semua anak Indonesia, terutama yang berasal dari keluarga kurang mampu, dapat mengakses makanan yang sehat dan bergizi.

Program Makan Bergizi Gratis ini merupakan salah satu janji kampanye utama Prabowo Subianto yang sekarang dijalankan di masa awal pemerintahannya.

Program ini juga sejalan dengan visi pemerintah dalam meningkatkan ketahanan pangan serta kualitas hidup masyarakat Indonesia melalui kebijakan yang berfokus pada pendidikan dan kesehatan anak-anak.

Selain Prabowo, Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka, turut mendukung pelaksanaan program ini. Gibran aktif dalam mempromosikan pentingnya asupan gizi yang baik untuk anak-anak Indonesia, dan ia sering kali terlibat dalam diskusi serta pelaksanaan program di daerah yang menjadi tanggung jawabnya.

Tak hanya Prancis, beberapa negara dan organisasi internasional lainnya juga menunjukkan minat untuk mendukung program Makan Bergizi Gratis yang dijalankan oleh Prabowo Subianto.

Program ini dinilai sebagai langkah penting dalam memastikan bahwa generasi mendatang Indonesia tumbuh dengan sehat dan cerdas.

Pemerintah Prancis, melalui kontribusinya, menegaskan komitmennya dalam mendukung berbagai upaya internasional yang bertujuan untuk memperkuat ketahanan pangan global.

Dukungan ini menunjukkan bahwa kerja sama internasional dapat menjadi kunci dalam menyelesaikan berbagai tantangan yang dihadapi dunia, termasuk masalah gizi dan kesehatan anak.

Baca Juga : Bantah Menu Makan Bergizi Gratis Rp7.500, Gibran: Buat Anak Tidak Boleh Pelit