Catat! Begini Cara Update PeduliLindungi ke SATUSEHAT Mobile

Platform PeduliLindungi resmi berubah menjadi SATUSEHAT Mobile. Berikut cara update PeduliLindungi ke SATUSEHAT Mobile.

Catat! Begini Cara Update PeduliLindungi ke SATUSEHAT Mobile
Cara Update PeduliLindungi ke SATUSEHAT. Gambar : DetikNET/Dok. Agus Tri Haryanto

BaperaNews - Platform PeduliLindungi resmi berubah menjadi SATUSEHAT Mobile mulai Selasa (28/2). Pembaruan sudah tersedia di App Store dan PlayStore.

“SATUSEHAT Mobile itu ialah PeduliLindungi, akan otomatis berubah, jadi kita tidak ingin sulitkan masyarakat. Kita hanya akan memberitahu bahwa ada perubahan, di tanggal 1 Maret 2023 aplikasi akan berubah sendiri” tutur Deputi Chief Digital Transformation Office Kementerian Kesehatan Agus Rachmanto pada Senin (27/2).

Perangkat dengan iOS akan lebih dulu mendapat pembaruan daripada Android. “Mulai hari ini, PeduliLindungi akan transisi menjadi SATUSEHAT Mobile. Kini makin lengkap dan mudah digunakan berkah sejumlah pembaruan fiturnya. #GakCumaCovid19” tulis Kemenkes di akun Twitter resminya pada Selasa (28/2).

“Tahap awal pembaruan untuk pengguna iOS ya, sementara pengguna Android menyusul” imbuhnya.

Kemenkes disebut sebagai nama baru dari PeduliLindungi dengan sederet fitur dan manfaat yang lebih baik. Salah satu perbedaannya ialah, SATUSEHAT membuat masyarakat bisa mendapat layanan kesehatan terintegrasi, jadi masyarakat tak perlu repot membawa rekam medisnya ketika berobat ke layanan kesehatan, berobat jadi lebih cepat dan gesit.

Baca Juga : Simple! Begini Cara Top Up E-Money Lewat DANA

Data kesehatan masyarakat di SATUSEHAT juga telah terintegrasi, ke depannya akan dimaksimalkan agar data bisa terintegrasi dengan seluruh rumah sakit, puskesmas, laboratorium, dan apotek seIndonesia.

Agar pasien bisa mendapat layanan kesehatan lebih cepat dan tenaga kesehatan juga lebih cepat mengetahui kondisi kesehatan pasien untuk memberi tindakan medis atau pengobatan.

Cara Update PeduliLindungi ke SATUSEHAT Mobile

Platform PeduliLindungi disebut akan otomatis berubah menjadi SATUSEHAT Mobile mulai Selasa (28/2) dan bertahap untuk pengguna iOS terlebih dahulu baru pengguna Android. Namun masyarakat juga bisa update secara mandiri dengan memperhatikan cara update PeduliLindungi ke SATUSEHAT berikut ini:

Cara Update PeduliLindungi ke SATUSEHAT Mobile : 

  • Buka App Store atau Play Store.
  • Cari aplikasi SATUSEHAT Mobile di kolom pencarian.
  • Klik Update.
  • Buka aplikasi SATUSEHAT Mobile yang telah didownload.
  • Login ke akun dengan nomor ponsel atau email, centang Syarat Penggunaan untuk persetujuan akses.
  • PeduliLindungi di ponsel Anda otomatis akan berubah logo dan namanya menjadi SATUSEHAT Mobile.

Bagi Anda yang sebelumnya belum memiliki aplikasi PeduliLindungi, bisa langsung mendaftar di SATUSEHAT Mobile untuk bisa mengakses fitur dan layanan-layanannya. Demikian informasi tentang cara update PeduliLindungi ke SATUSEHAT Mobile. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Cara Gunakan ChatGPT di HP Dengan Mudah