Asik! WhatsApp Akan Uji Coba Fitur Kirim Foto Resolusi Tinggi Tanpa Pecah

Akhirnya yang ditunggu-tunggu akan datang! WhatsApp mengabarkan bahwa saat ini pihaknya sedang lakukan uji coba fitur kirim foto resolusi tinggi.

Asik! WhatsApp Akan Uji Coba Fitur Kirim Foto Resolusi Tinggi Tanpa Pecah
WhatsApp akan uji coba fitur kirim foto resolusi tinggi tanpa pecah. Gambar : unsplash.com/Dok. Pradamas Gifarry

BaperaNews - WhatsApp segera luncurkan fitur yang memungkinkan pengguna mengirim dan menerima foto dengan resolusi sesuai aslinya.

Saat ini foto yang dikirim melalui WA dikompres terlebih dahulu alias ukurannya diperkecil dari ukuran aslinya, hal ini seringkali membuat pengguna memilih opsi lain ketika mengirim foto.

WABetaInfo mengungkap saat ini WhatsApp sedang lakukan uji coba fitur kirim foto resolusi tinggi pada aplikasi beta Android 2.23.2.11.

Selama ini, pengaturan pengiriman foto bisa dipilih di WA beta Android versi 2.21.15.7 yakni automatic (otomatis), data server (penghemat data), dan best quality (kualitas terbaik).

Opsi best quality tetap belum memungkinkan pengguna mengirim foto dengan kualitas terbaik. Kompresi tetap dilakukan meski di besaran yang tidak terlalu rendah. Kini, WA versi 2.23.2.11 memberi angin segar untuk pengguna yang ingin mengirim foto dengan kualitas terbaik.

Belum dipastikan kapan fitur kirim foto resolusi tinggi di WhatsApp ini akan meluncur untuk pengguna secara global, biasanya jika ada fitur baru, akan dilakukan uji coba hingga beberapa minggu sampai fitur dinilai stabil.

Juga belum bisa dipastikan apakah fitur kirim foto resolusi tinggi di WhatsApp ini akan berlaku pula untuk video.

Baca Juga : 3 Calon Fitur baru WhatsApp, Ada Shortcut Blokir Kontak

Meski bisa mengirim foto dengan kualitas terbaik, penerima tetap bisa memilih, ingin menerima foto dengan kompres atau sesuai ukuran dan kualitas aslinya. Jika keduanya setuju memilih foto dengan resolusi sesuai aslinya, tentu juga perlu menyiapkan ruang penyimpanan lebih besar di perangkat.

Sebelumnya jika ingin mengirim video dengan kualitas sesuai aslinya, pengguna bisa memilih di menu “File” ketika ingin mengirim. Aplikasi pesan instan lain Telegram telah lebih dulu memiliki fitur yang memungkinkan pengguna mengirim foto dan video sesuai kualitasnya aslinya, dengan kualitas terbaik tanpa kompresi.

Pengguna Telegram hanya perlu memilih menu “Attachment” atau melampirkan filenya ketika akan mengirim, kemudian akan diberi pilihan “Send Without Compression” atau kirim tanpa dikompres atau dengan kompres, batas maksimal file yang dikirim ialah 2GB.

WhatsApp terus membuat fitur-fitur baru untuk membuat pengguna makin nyaman, WA telah mengeluarkan fitur Proxy yang memungkinkan pengguna tetap bisa berkirim pesan meski internet diblokir, fitur batalkan chat, avatar 3D untuk foto profil, stiker yang menarik, dan sebagainya.

Fitur kirim foto resolusi tinggi di WhatsApp ini akan direncanakan untuk pembaruan terbaru mendatang, meski belum diketahui kapan waktunya secara pasti.

Baca Juga : WhatsApp Rilis Fitur Baru "Anti Blokir", Pengguna Bisa Pakai WA Saat Internet Diblokir