Jelang Puncak Haji, Fahd A Rafiq Imbau Jemaah Haji Lansia Untuk Jaga Kondisi Fisik

Ketua Umum DPP Bapera, Fahd A Rafiq menghimbau kepada seluruh jemaah haji lansia asal Indonesia untuk tetap menjaga kondisi fisik agar dapat melaksanakan ibadah haji dengan lancar.

Jelang Puncak Haji, Fahd A Rafiq Imbau Jemaah Haji Lansia Untuk Jaga Kondisi Fisik
Fahd A Rafiq Imbau Jamaah Haji Lansia Untuk Jaga Kondisi Fisik. Gambar : Dok. Istimewa

BaperaNews - Menjelang puncak haji 2023, Ketua Umum DPP Bapera Fahd A Rafiq menghimbau agar jemaah Haji lansia menjaga kondisi fisik selama menunaikan ibadah haji. 

Jemaah haji yang telah tiba di Mekkah tidak terlampau untuk tetap mempersiapkan diri buat menunaikan ibadah shalat lima waktu di Masjidil Haram dan dapat menggunakan masjid atau mushola di sekitar penginapan. 

Jemaah lansia yang mencapai 30 persen dari keseluruhan kuota, menjadi perhatian pemerintah memenuhi kebutuhan mereka saat di Tanah Suci. Salah satu kebutuhan yang vital adalah kursi roda.

“Memasuki puncak haji, saya menghimbau agar jemaah lansia tetap menjaga fisik, terlebih untuk melaksanakan salat lima waktu di Masjidil Haram, diharapkan untuk jemaah lansia bisa menggunakan masjid atau mushola yang ada disekitar penginapan, agar hal ini tidak membuat fisik jemaah lansia kelelahan, ketika memasuki puncak haji nanti,” ujar Ketum DPP Bapera Fahd A Rafiq.

Dirinya juga meyampaikan, bahwa tidak hanya jemaah lansia, semua jemaah diharapkan menjaga  dirinya masing-masing yang utama, dan bila pada waktu istirahat, manfaatkan dengan baik karena lelah aktifitas selama seharian di Mekkah, Memang pada tahun ini, pertama kalinya kantor urusan pelayanan jemaah Masjid Nabawi memberikan bantuan 15 kursi roda untuk jemaah Indonesia di Tanah Suci.

“Selama di Tanah Suci, para jemaah diwajibkan agar menjaga fisiknya masing-masing, terutama lansia, karena ditakutkan, dari seharian aktifitas ibadah dikhawatirkan kelelahan sebelum memasuki puncak haji pada tahun ini, bila waktu istirahat di hotel, manfaatkan istirahat dengan baik, dan untungnya pelayanan jemaah Masjid Nabawi memberikan bantuan 15 kursi roda untuk jemaah Indonesia di Mekkah,” tutup Fahd A Rafiq.

Penulis : Fachrul Nopendra