Asyik! Kaws Datang ke Indonesia, Mejeng di Candi Prambanan

KAWS hadir di Indonesia! Temukan karya seni monumentalnya yang menghiasi Candi Prambanan.

Asyik! Kaws Datang ke Indonesia, Mejeng di Candi Prambanan
Asyik! Kaws Datang ke Indonesia, Mejeng di Candi Prambanan. Gambar : Instagram/@arr.allrightsreserved

BaperaNews - KAWS akhirnya datang ke Indonesia usai berkeliling Asia dan Australia. Negara yang telah ia datangi diantaranya Korea Selatan, Taiwan, Hong Kong, Jepang, Singapura, Meulbourne hingga diluncurkan ke stratosfer, dan kini Indonesia tepatnya ke Candi Prambanan, Yogyakarta.

Seniman bernama asli Brian Donelly ini datang ke Candi Prambanan yang merupakan kawasan bersejarah milik Indonesia. Candi Prambanan dipilih KAWS sebagai salah satu lokasi pameran seni instalasi keliling dunianya yang bertajuk KAWA : HOLIDAY yang diselenggarakan oleh All Rights Reserved dan AKG Entertainment.

Pada pemberhentian di lokasi seni instalasi yang kesepuluh ini, KAWS membawa patung monumental baru ke Candi Prambanan yang terkenal sebagai kompleks candi hindu terbesar di Indonesia dan salah satu situs warisan dunia UNESCO.

“Pameran unik ini memberi kesempatan pada pengunjung untuk rasakan seni instalasi perpaduan arsitektur kuno dengan seni kontemporer” bunyi keterangan pihak manajemen.

Untuk pertama kalinya setelah tur 6 tahun, KAWS : HOLIDAY memperkenalkan kembali accomplice yang pernah muncul dalam bentuk figur vinil pada tahun 2022 lalu dimana karya seni ini ditampilkan pertama kali di situs warisan dunia. 

Baca Juga : 10 Rekomendasi Museum di Jogja Terbaik

Kompleks Candi Prambanan dibangun pada abad ke-9 dan ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 1991. Candi Prambanan didedikasikan untuk dewa-dewa Hindu, dihias dengan relief batu pahatan yang penuh dengan seni spiritual, hewan, dan pahlawan.

Candi Prambanan terkenal dengan bangunannya yang runcing dan tinggi dengan puncak ketinggian candi mencapai 47 meter.

“Karya seni terpanjang 45 meter ini akan jadi patung terbesar yang pernah dibuat sang seniman hingga saat ini” imbuhnya.

KAWS : HOLIDAY mengundang para penggemar untuk berpartisipasi dalam perjalanan ini, menjelajahi Yogyakarta yang menjadi tempat kelahiran peradaban Jawa dengan suasana harmonis dan penuh semangat.

KAWS : HOLIDAY dibuka pada 18 Agustus 2023 dan dihadiri langsung oleh KAWS. Pameran berlangsung pada 19-31 Agustus 2023.

KAWS ialah seniman kontemporer yang sering berinteraksi dengan pengunjung di berbagai galeri seni dan museum serta menggelar karyanya secara berkala. Karyanya berupa lukisan, desain grafis, murah, dan patung besar.

Dalam dua dekade terakhir, KAWS telah membangun karya yang sukses secara konsisten menunjukkan keterampilannya sebagai seorang seniman dan memperlihatkan affection masa kini, underlying wit, serta irreverence.

Baca Juga : 10 Museum di Jakarta yang Wajib Dikunjungi