5 Rekomendasi Film Dokumenter Kriminal Netflix Yang Mencengangkan

Film dokumenter dapat menguak berbagai kasus kejahatan yang seringkali membuat orang tercengang, berikut 5 rekomendasi film dokumentar netflix.

5 Rekomendasi Film Dokumenter Kriminal Netflix Yang Mencengangkan
5 rekomendasi film dokumenter kriminal Netflix. Gambar : netflix.com

BaperaNews - Untuk kalian para penggemar kisah-kisah kriminal, film dokumenter tentu menjadi salah satu tontonan favorit yang dapat menguak berbagai kasus kejahatan yang seringkali membuat orang tak bisa berkata-kata dan tercengang.

Netflix menjadi salah satu layanan streaming yang menyajikan banyak film dokumenter yang menguak berbagai misteri dan kasus kejahatan, meskipun sebagai besar terjadi di Amerika Serikat dan Eropa.

Berikut sederet rekomendasi film dokumenter yang terdapat di Netflix:

  1. Girl in The Picture (2022)

Poster Film Girl in The Picture. Gambar : netflix.com

Girl in The Picture menjadi dokumenter true crime terbaru yang dirilis oleh Netflix. Film dokumenter ini menyelidiki sebuah kasus pembunuhan seorang perempuan dan penculikan seorang anak kecil. Perempuan yang dikenal sebagai Tonya ditemukan sekarat di tepi jalan dan pada awal penemuannya diduga menjadi korban tabrak lari.

Namun ketika ia meninggal, luka-luka di tubuhnya menunjukkan ia adalah korban kekerasan. Hingga kemudian, anak Tonya, Michael diculik oleh pria yang semula dikenal sebagai ayahnya.

Penyelidikan FBI dan Kepolisian hingga jurnalis investigasi pun menemukan bahwa kasus tersebut hanyalah selapis cerita dari berbagai fakta dan manipulasi mengerikan selama puluhan tahun.

Baca Juga : Rekomendasi Film Mancanegara Hingga Dalam Negeri Yang Tayang Juli Sampai Agustus 2022

  1. House of Secrets: The Burari Deaths (2021)

Poster Film House of Secrets: The Burari. Gambar : netflix.com

Film dokumenter yang satu ini juga tak kalah mistis. Sebuah kejadian oleh satu keluarga di Burari, Delhi, India menjadi sorotan dunia pada 2018 silam. Sebanyak 11 anggota keluarga ditemukan tewas dengan posisi tergantung di langit-langit rumah mereka.

Kisah nyata ini belum menemukan pemahaman bagaimana sebelas keluarga yang berisi seorang nenek, 3 orang anak, 2 menantu, dan 5 cucu bisa meninggal secara bersamaan, tergantung dengan mata tertutup dan tangan terikat.

Kejadian tersebut membuat heboh masyarakat, lantaran keluarga tersebut dikenal ramah kepada masyarakat sekitar dan lingkungan rumah mereka.

  1. The Ripper (2020)

Poster Film The Ripper. Gambar : netflix.com

The Ripper mengangkat sebuah kasus pembunuhan berantai (kriminal) yang terjadi pada banyak perempuan di West Yorkshire dan Manchester pada rentang tahun 1975 sampai 1980 oleh Peter Sutcliffe.

Pada saat itu, banyak kasus kejadian pembunuhan yang mengincar perempuan yang keluar di malam hari. jenazah-jenazah dari korban pembunuhan tersebut pun memiliki beberapa ciri khas dari aksi kejahatan yang pelakunya sangat misterius.

Pada saat itu kasus ini sempat menggegerkan Inggris. Bahkan kejadian horror tersebut membuat masyarakat Inggris teringat akan legenda Jack the Ripper yang terkenal dan menginspirasi julukan serangkaian kasus tersebut dengan nama “The Ripper”. Penyelidikan demi penyelidikan yang dilakukan oleh pihak kepolisian menemukan fakta-fakta yang mencengangkan dari kejadian tersebut.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Film Horor Sama Seramnya Dengan Incantation Dan Ivanna

  1. American Murder The Family Next Door (2020)

Poster Film American Murder The Family. Gambar : imdb.com

Dokumenter ini mengisahkan sebuah kasus pembunuhan yang terjadi pada keluarga Watts di Frederick, Colorado, Amerika Serikat, pada tahun 2018.

Chris Watts adalah seorang ayah dan sekaligus pelaku pembunuhan keluarga kecilnya. Sang istri Shanann yang sedang hamil (34 tahun), dua anak perempuannya Bella (4 tahun), dan Celeste (3 tahun). Keluarga ini terlihat hidup bahagia seperti dari beberapa video yang diunggah Shanann di akun Facebook-nya.

Kejadian kriminal tersebut bermula dari perselingkuhan Chris yang membawa pertengkaran dan berakhir pada pembunuhan. Sebelumnya, Chris mengaku tidak mengetahui di mana istri dan anak-anaknya berada. Akan tetapi, rekaman dari kamera pengintai milik tetangga memperlihatkan gelagat Chris yang tak wajar.

Chris pun mengakui membunuh istrinya dengan mencekiknya hingga tewas dan membunuh kedua putrinya secara keji. Akibatnya, ia harus menerima hukuman penjara seumur hidup atas tingkahnya tersebut.

Film dokumenter ini sukses meraup 52 juta kali penonton pada sebulan pertama sejak perilisannya di 30 September 2020 dan masih menjadi film panjang dokumenter paling populer di Netflix.

  1. Don’t F**k with Cats: Hunting an Internet Killer (2019)

Poster Film Don't F**k with Cats: Hunting an Internet Killer. Gambar : imdb.com

Film dokumenter Don't F**k with Cats: Hunting an Internet Killer mengikuti pencarian seorang pembunuh yang sempat membuat netizen dunia marah karena videonya menyiksa kucing.

Pencarian itu dilakukan oleh para netizen yang menjadi detektif amatiran dan menemukan pelaku adalah aktor porno asal Kanada, Luka Magnotta. Pencarian akan Magnotta justru membuka tabir lain, yaitu pembunuhan yang ia lakukan pada mahasiswa internasional asal China, Jun Lin.

Serial dokumenter terbatas true crime ini sempat menjadi salah satu dari lima dokumenter paling ditonton di Netflix pada 2019, serta pernah menjadi sensasi di internet saat rilis pada 2019.

Baca Juga : Hadir Lebih Seram dan Menegangkan, Simak Sinopsis Pengabdi Setan 2: Communion