Transportasi Listrik Otomatisasi Bakal Berkeliaran Di Darat dan Laut IKN

Budi Karya Sumadi (Menteri Perhubungan) mengatakan bahwa Transportasi listrik otomatisasi akan berkeliaran di darat dan laut di Ibu Kota Negara Baru.

Transportasi Listrik Otomatisasi Bakal Berkeliaran Di Darat dan Laut IKN
Ilustrasi Ibu Kota Negara Baru. Gambar : Instagram/@nyoman_nuarta

BaperaNews - Budi Karya Sumadi (Menteri Perhubungan) mengatakan bahwa jajarannya akan segera membuat rancangan sistem transportasi pintar di Ibu Kota Negara Baru (IKN) yang terletak di wilayah Kutai Kartanegara dan juga wilayah Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

Budi menerangkan lebih lanjut, ada 3 sektor transportasi yang akan dikembangkan, yaitu darat, udara, dan laut. Untuk darat, fasilitas yang dikembangkan ialah untuk para pejalan kaki, kemudian dominasi kendaraan listrik yang menggunakan tenaga baterai, sepeda, hingga kendaraan otomatis yang difungsikan sebagai angkutan umum Bus.

Kemudian jalur laut akan memakai kapal otomatisasi untuk penumpang dan barang, juga konsep smart port & traffic separation scheme (TSS). Dan pada jalur udara akan dikembangkan bandara dengan konsep aerotropolis yakni yang punya sistem cerdas, memperhatikan etika lingkungan, dan terintegrasi.

Budi menyatakan telah menyampaikan perkiraan kebutuhan dana atau anggaran untuk persiapan dan membangun sektor transportasi canggih di Ibu Kota Negara Baru (IKN) tersebut sepanjang tahun 2022 kepada pihak Kementerian Keuangan Republik Indonesia dan Kepala Bappenas yang merangkap menjadi Menteri PPN.

Baca Juga : Harga Tanah Di Ibu Kota Negara Baru Meroket 10 Kali Lipat, Warga Kaltim Tahan Untuk Tak Menjualnya

“Untuk total kebutuhan pendanaan sekitar Rp 582,6 Milyar untuk pembangunan sepanjang tahun 2022” katanya pada hari Kamis 27 Januari 2022 di Jakarta secara tertulis di website resmi Kementerian Perhubungan. Menurutnya dengan ruang fiskal pendanaan yang terbatas oleh APBN, pemerintah bisa saja memberi kesempatan untuk berbagai pihak swasta maupun badan usaha yang dimiliki oleh masyarakat agar bisa ikut andil dalam proses pembangunan sektor transportasi Ibu Kota Negara Baru (IKN) dengan skema Pembiayaan Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Ia juga akan mengikuti semua instruksi yang diberikan oleh Presiden Jokowi yang mengemukakan pembangunan Ibu Kota Negara Baru (IKN) ialah bertujuan dalam upaya membangun kota baru yang lebih kompetitif dan cerdas sehingga bisa bersaing di tingkat global serta sebagai bentuk inovasi teknologi dan ekonomi hijau.

Budi menambahkan persiapan sistem transportasi sangat penting sebab berhubungan dengan mobilitas dan aksesibilitas manusia ataupun barang di Ibu Kota Negara Baru (IKN).

Penelitian dan kajian sudah dilakukan sejak tahun 2020 oleh Kementrian Perhubungan dengan bekerjasama bersama Balitbanghub (Badan Penelitian & Pengembangan Perhubungan) yang memang ditunjuk untuk menjadi Ketua Satgas Pengembangan Sistem Transportasi di Ibu Kota Negara Baru (IKN) serta telah dihasilkan dokumen untuk perencanaan sistem transportasi Ibu Kota Negara Baru (IKN) sebagaimana yang dijelaskan Budi tersebut.

“Baik itu dari sisi Masterplan, Detail Engineering Design, dan juga Feasibility Study” tutup Budi.

Baca Juga : Profil 4 Calon Pemimpin Ibu Kota Negara Baru Nusantara yang Disebut Jokowi