Tragedi MH370, Diduga Setelah 8 Tahun Hilang Kini Puing Pesawat Ditemukan Di Madagaskar

Ditemukan puing pesawat yang diduga Malaysia Airlines MH370 di Madagaskar yang sebelumnya maskapai tersebut dinyatakan jatuh lalu menghilang sejak 8 Maret 2014.

Tragedi MH370, Diduga Setelah 8 Tahun Hilang Kini Puing Pesawat Ditemukan Di Madagaskar
Tragedi pesawat MH370 Malaysia Airlanes yang telah hilang selama 8 tahun. Gambar : liputan6.com

BaperaNews - Ditemukan puing pesawat yang diduga Malaysia Airlines MH370 di Madagaskar. Maskapai pesawat Malaysia Airlines tersebut sebelumnya jatuh dan dinyatakan hilang pada 8 Maret 2014. Penemunya ialah insinyur Richard Godfrey asal Inggris. Ia memburu rongsokan pesawat MH370 Blaine Gibson dan menemukan sisa pesawat jenis Boeing 777-200 tersebut dari seorang nelayan asal Madagaskar.

Awalnya seorang nelayan yang menemukan puing pesawat pada tahun 2017 di pantai dan ia menyimpannya. Ia memanfaatkan puing pesawat tersebut untuk papan cuci, adanya temuan ini pun muncul dugaan kuat bahwa pilot MH370 sengaja menjatuhkan pesawat terbang berbadan lebar ini.

Baca Juga : Terharu! Kisah Eks Pramugari, Laura Lazarus Yang Selamat Dari 2 Kali Kecelakaan Pesawat

Berikut Tragedi Pesawat MH370 Rute Kuala Lumpur – Beijing dengan pilot Zaharie Ahmad Shah:

Seharusnya mendarat di Beijing, China

Pesawat MH370 dinyatakan hilang usai berangkat dari Bandar Udara Internasional Kuala Lumpur 9 Maret 2014 pukul 00.41 waktu setempat. Pesawat membawa 239 penumpang dan 12 awak. Mayoritas penumpang ialah warga China 153 orang dan warga Malaysia 38 orang, ada juga 7 orang Indonesia.

Pesawat Malaysia Airlines dijadwalkan tiba di Beijing pada pukul 06.30 waktu setempat. Namun pesawat tersebut hilang kontak sejak pukul 02.40 waktu setempat. Dari titik lokasi terakhir yang terdeteksi, pesawat berada di Laut China Selatan, di ujung selatan Vietnam pesisir timur semenjung Malaysia.

26 Negara mencari

26 negara ikut membantu mencari keberadaan pesawat MH370 milik Malaysia Airlines ini, pencarian hingga ke Laut Andaman dan Samudra Hindia, awalnya fokus di Laut China Selatan dan Selat Malaka.

Pencarian pesawat MH370 hilang terus dilakukan hingga hari ke-10, diduga kuat pesawat menghujam ke laut. Satelit milik India, Pakistan, dan China tidak menemukan jejak pesawat Malaysia Airlines  tersebut, padahal pesawat dinyatakan bergerak ke barat.

Seluruh awak dan penumpang dipastikan tewas

Otoritas Malaysia Airlines menduga ada pembajakan pesawat MH370 lantaran ada paspor curian dipakai dua penumpang, namun dugaan tersebut dilupakan usai didapati temuan pesawat berbelok ke Samudra Hindia.

Pesawat MH370 kemudian diperkirakan hilang di perairan tersebut, seluruh penumpang dan awak dipastikan tewas. Adapun Samudra Hindia ialah salah satu perairan paling dalam di dunia yang sulit untuk dipantau segala isinya, radarnya sangat sedikit dan lokasinya juga terpencil.

Hingga saat ini belum diketahui apa sebab pasti kecelakaan pesawat MH370 Malaysia Airlanes tersebut.

Baca Juga : Tekanan Udara Di Pesawat Buat Kepala Tiktoker Ini Meledak