Tol Jakarta-Sukabumi Bakal Siap Dipakai 2024, Lebih Cepat 2 Jam

Akses ke tempat wisata di Selatan Jawa Barat kini lebih mudah berkat jalan tol Jakarta-Sukabumi yang baru akan dibuka tahun 2024 mendatang.

Tol Jakarta-Sukabumi Bakal Siap Dipakai 2024, Lebih Cepat 2 Jam
Ruas Jalan Tol Jakarta - Sukabumi Bakal Siap Dipakai di Tahun 2024. Gambar : Dok. PT Suryamas Dutamakmur

BaperaNews - Wilayah Ciawi-Sukabumi akan tersambung dan bisa dilalui dengan lebih cepat berkat adanya jalan tol baru yang dibuka tahun 2024 mendatang yakni tol Jakarta-Sukabumi.

Selama ini akses penghubung Jakarta-Sukabumi ini dengan jalan non tol yang seringkali macet dan butuh waktu panjang. Terlebih di musim mudik lebaran 2023 kemarin, jalur ini amat ramai padat meski lalu lintas masih relatif lancar.

Pada musim mudik lebaran 2023 kemarin ruas tol Jakarta-Sukabumi sudah terhubung dengan tol fungsional Bogor-Ciawi-Sukabumi Seksi 2 Cigombong-Cibadak.

Ruas 11,9 km Cigombong-Cibadak menjadi alternatif yang menghubungkan jalur pantai selatan Jawa di Jawa Barat tepatnya di Pelabuhan Ratu.

Adanya jalur penghubung jalur pantai selatan dengan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi inipun diharapkan memberi akses lebih mudah ke tempat wisata di sekitarnya di kawasan Sukabumi selatan yakni di Pantai Pelabuhan Ratu, Geopark Ciletuh, Puncak Habibie, hingga Pantai Ujung Genteng.

Secara keseluruhan, tol Bogor-Ciawi-Sukabumi punya panjang 54 km, terdiri dari 4 seksi dibawah ini.

Baca Juga : Catat! Berikut Daftar Lengkap Tarif Tol Trans Jawa

4 Seksi Tol Bogor - Ciawi : 

  • Seksi 1 Ciawi-Cigombong 15,35 km sudah beroperasi pada Desember 2018
  • Seksi 2 Cigombong-Cibadak progress konstruksi sudah 94% per 31 Maret 2023
  • Seksi 3 Cibadak-Sukabumi 13.7 km progress sudah 79% pembebasan lahan
  • Seksi 4 Sukabumi barat-Sukabumi timur 13,05 km progress pembebasan lahan baru 9,9%

“Diharapkan semua ruas ini (seksi 1-4) bisa selesai pada tahun 2024 mendatang sampai minimal Sukabumi barat yang artinya sudah lewat titik macet yang parah di Pasar Cibadak” tutur Menteri PUPR Basuki Hadimuljono pada Rabu (3/5).

Sebelumnya untuk mendukung arus mudik dan balik lebaran 2023, ruas Cigombong-Cibadak telah dibuka, terhubung dengan tol Jagorawi sehingga bisa mengurangi waktu tempuh Jakarta-Sukabumi yang sebelumnya 4-5 jam menjadi 2 jam lebih cepat.

Ruas tol Jakarta-Sukabumi ini juga terhubung dengan jalan-jalan nasional di pantai selatan Jawa Barat Pelabuhan Ratu via Cikembang-Cikadu.

Memang selama ini jalur pantai selatan Jawa Barat menjadi alternatif untuk pengendara ketika terjadi kepadatan di tol Trans Jawa, lintas Pantura, atau lintas Jawa Tengah.

“Area penanganan ruas pantai selatan Jawa Barat dibagi dua pengelolanya, oleh Pelaksana Jalan Nasional (PJN) II itu di banten-Bagbagan-Tegalbuleud-Sindangbarang-Cidaun sepanjang 203,86 km. dan PJN III dari Cidaun-Pameungpeuk-Cipatujah-Kalapagenep-Pangandaran sepanjang 211,25 km” pungkas Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR Wilan Oktavian.

Baca Juga : Daftar Tarif Tol Cisumdawu Tiap Golongan Kendaraan