Tim Bulutangkis Indonesia Gagal Melaju Ke Semifinal Piala Sudirman Usai Kalah Dari Malaysia

Tim bulutangkis Indonesia harus pulang setelah kalah dari Malaysia pada babak 8 besar Sudirman Cup 2021

Tim Bulutangkis Indonesia Gagal Melaju Ke Semifinal Piala Sudirman Usai Kalah Dari Malaysia
Tim Bulutangkis Indonesia di ajang Sudirman Cup 2021, Gambar : Instagram/BadmintonIndonesia)

BaperaNews - Pada Hari Jumat (01/10/2021), Tim Bulutangkis Indonesia gagal melaju ke semifinal Piala Sudirman 2021 setelah mengalami kekalahan atas Malaysia pada babak 8 besar Sudirman Cup yang berlangsung di Vantaa, Finlandia.

Pasangan andalan ganda campuran Indonesia yaitu Praveen Jordan/Melati Daeva yang tampil di laga terakhir gagal menyumbangkan poin untuk Indonesia usai kalah dari pasangan Malaysia, Hoo Pang Ron/Cheah Yee See dengan skor 19-21, 21-9 dan 16-21. 

Pertandingan pertama dibuka dengan mempertandingkan sektor ganda putra, dimana ganda putra andalan Indonesia yaitu Kevin Sanjaya/Marcus Fernaldi Gideon gagal menyumbangkan poin.

Kevin/Gideon harus mengakui keunggulan musuhnya yakni Aaron Chia/Soh Wooi Yik dengan dua game langsung yaitu 12-21 dan 15-21.  Dengan kekalahan Kevin Sanjaya dan Marcus Fernaldi Gideon itu membuat tim Indonesia tertinggal sementara dengan  0-1.

Pada pertandingan kedua mempertemukan tunggal putri andalan Indonesia yakni Gregoria Mariska Tunjung melawan tunggal putri Malaysia yaitu Kisona Selvaduray. Pada set 1 dimulai, Kisona sempat merepotkan Gregoria yang membuat ia sempat memimpin dengan skor 5-2 yang kemudian mempertahankan keunggulannya hingga skor 17-16.

Permainan juga sempat berjalan imbang 20-20, akan tetapi Gregoria berhasil mengakhiri game pertama dengan kemenangan untuk Indonesia dengan skor 22-20.

Pada set ke-2, Gregoria seperti kehilangan tempo permainannya dan membuat ia kalah dengan skor 17-21 atas Kisona. Pertandingan pun berlanjut ke set-3 dimana Gregoria terus menerus menampilkan performa terbaiknya dan akhirnya membuat ia berhasil meraih kemenangan dengan skor 21-19 yang membuat skor sementara menjadi 1-1.

Pada sektor tunggal putra, Anthony Sinisuka Ginting yang merupakan wakil asal Indonesia kewalahan menghadapi Lee Zi Jia. Ginting harus mengakui keunggulan tunggal putra Malaysia tersebut dengan skor 11-21 di set pertama.

Pada set ke-2, Anthony Ginting lagi-lagi dibuat kesulitan oleh Lee Zi Jia yang membuatnya tidak bisa menemukan performa terbaiknya. Alhasil, Ginting harus takluk oleh Lee Zi Jia dengan skor 16-21 di set kedua sehingga membuat Malaysia kembali unggul 2-1 atas Indonesia.

Pada sektor ganda putri, pasangan andalan Indonesia yakni Greysia Polii/Apriyani Rahayu harus berjuang keras untuk dapat mengalahkan pasangan Pearly Tan/Thinaah Muralitharan. Greysia/Apriyani berhasil menaklukkan ganda putri Malaysia tersebut dengan skor 22-20 di game pertama.

Pada game kedua, Greysia/Apriyani dibuat kerepotan untuk menghadapi pasangan asal Malaysia tersebut sehingga mereka harus kalah dengan skor 17-21 dan memaksakan pertandingan berlanjut pada game ketiga.

Greysia/Apriyani terus menerus melakukan serangan dan membuat pasangan tersebut akhirnya dapat memenangkan pertandingan dengan skor 21-18 yang membuat kedudukan kembali imbang 2-2.

Pada game penentuan mempertemukan pasangan ganda campuran andalan Indonesia yaitu Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti melawan wakil asal Malaysia Hoo Pang Ron/Cheah Yee See.

Praveen/Melati mendapatkan perlawananan yang sangat sengit dari ganda campuran Malaysia tersebut dan membuat mereka mengalami kekalahan di set pertama dengan skor 19-21.

Berbeda dengan set selanjutnya, di game kedua ini Praveen/Melati terus menerus melakukan serangan tanpa ampun kepada pasangan Malaysia tersebut sehingga mereka berhasil memenangkan game kedua dengan skor 21-9.

Pertandingan pun memasuki set ketiga, Praveen/Melati terlihat kewalahan menghadapi pasangan asal Malaysia tersebut, dan akhirnya harus takluk dengan skor 16-21 sehingga Indonesia harus kalah atas Malaysia 2-3. 

Dengan demikian maka tim bulutangkis Indonesia gagal melaju ke babak semifinal Piala Sudirman 2021.