Tidak Ada Modifikasi Cuaca Selama Tes Pramusim MotoGP Di Mandalika

Tak ada modifikasi cuaca dalam tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, Lombok. Hal tersebut bertujuan agar para rider bisa langsung merasakan kondisi cuaca yang sebenarnya.

Tidak Ada Modifikasi Cuaca Selama Tes Pramusim MotoGP Di Mandalika
Tidak Ada Modifikasi Cuaca Selama Tes Pramusim MotoGP Mandalika. Gambar: Pixabay.com

BaperaNews - Tak ada modifikasi cuaca dalam tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, Lombok. Hal itu dilakukan supaya para rider bisa langsung merasakan kondisi cuaca yang sebenarnya. Sesi pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika sedang dilaksanakan hari Jumat sampai Minggu yakni 11 – 13 Februari 2022 mulai jam 09.00 – 17.00 WITA.

Sebanyak 24 rider mengikuti Tes Pramusim MotoGP  langsung di landasan, beberapa mengungkap sirkuitnya menantang dan cukup seru. Namun faktor cuaca juga menjadi tantangan tersendiri dimana lokasi sirkuit di tepi pantai, ketika matahari sedang terik, membuat mereka kewalahan dengan panasnya.

Soal masalah cuaca, Direktur MGPA, Priandhi Satria, menegaskan tidak membuat modifikasi cuaca selama Tes Pramusim MotoGP   dijalankan, ini dilakukan agar para pembalap benar-benar bisa mengerti dan merasakan situasi cuaca yang aslinya.

“Tidak ada modifikasi selama tes Pramusim MotoGP , para pembalap biar merasakan situasi cuaca yang sebenarnya sehingga mereka bisa makin paham setelan motornya” tegasnya Jumat sore 11 Februari 2022 kepada awak media yang berada di Media Center Sirkuit Mandalika.

Pada hari pertama cuaca di sirkuit cukup sejuk dimana saat itu hujan deras sempat turun dan diiringi dengan gerimis, namun di hari kedua cuaca sangat cerah sehingga terasa teriknya sejak siang yang sangat berbeda dengan hari sebelumnya.

Baca Juga: Jawaban MGPA Soal Kabar Adanya Pembalap Yang Komplain Sirkuit Mandalika Saat Tes Pramusim MotoGP 2022 Hari Pertama

Kondisi lain yang menjadi sorotan para jurnalis asing ialah kondisi landasan yang sempat kotor, ada debu dimana-dimana, namun setelah dibersihkan, Tes Pramusim MotoGP  masih dilanjutkan dan secara keseluruhan tidak terlalu bermasalah. Namun hal ini tentu perlu jadi perhatian untuk pengelola agar benar-benar bersih dan siap untuk dijadikan arena balapan di bulan Maret 2022 mendatang.

Kondisi ini juga membuat pembalap repot, akibat trek yang kotor dan dianggap berbahaya jika dilahap motor pembalap, sesi tes sempat berhenti ketika pembalap mengeluh kotornya landasan dan dibersihkan oleh petugas, namun hasilnya tetap kurang maksimal sehingga para pembalap harus membersihkan sendiri dengan melakukan putaran 20 lap untuk menyingkirkan kerikil.

Andrea Dovizioso, Rider daru WithU RNF Yamaha mengungkap pengalamannya, ”kami sampai mengadakan pertemuan bagaimana jika para rider turun tangan membersihkan trek, seharusnya ada acara lebih baik yang bisa dilakukan, saya lihat mereka coba membersihkan namun saya tidak melihat ada perbedaan setelah dibersihkan, jadi pertanyaan saya adalah jika bisa membersihkan dengan cara lebih baik sebaiknya tidak perlu balapan dan menunggu sampai besok, tapi saya tidak ada kesempatan waktu lagi untuk membalap, jadi kami harus membersihkan lintasan seperti ini” ungkapnya.

Baca Juga: Lintasan Kotor dan Basah, Tes Pramusim MotoGP Mandalika 2022 Dihentikan Sementara