Tes MotoGP Mandalika Bikin Marquez Sadar

Marc Marquez mengatakan tes MotoGP yang dilakukan di Sirkuit Mandalika membuat ia sadar bagaimana cara mengendarai motor Honda RC213V yang menurutnya berbeda dari musim sebelumnya.

Tes MotoGP Mandalika Bikin Marquez Sadar
Marc Marquez saat tes MotoGP Mandalika. Gambar : Dok. Dorna Sports

BaperaNews - Marc Marquez mengatakan tes MotoGP yang dilakukannya di Sirkuit Mandalika membuat ia sadar bagaimana caranya mengendarai motor Honda RC213V yang menurutnya berbeda dari musim-musim sebelumnya.

Marc Marquez pada sesi latihan tersebut mengakhiri posisi di rangking sembilan, namun juara dunia tersebut hanya selisih 0,4 detik dari teman setimnya di Repsol Honda, Pol Espargaro yang berhasil meraih posisi pertama.

Pembalap asal Spanyol (Marc Marquez) tersebut pun sadar bagaimana cara mengendarai motor hondanya tersebut yang menurutnya sangat berbeda dengan musim sebelumnya. “Saya butuh hal lain, saya butuh merasakan bagian depan untuk mengendarai motor, dan motor ini banyak dipakai di bagian belakang, di tes pertama saya tidak menyentuh apapun dan saya hanya mencoba untuk memahami motor” ujar Marc Marquez.

“Sementara di tes kedua saya mulai membawanya ke kebiasaan saya untuk mengetahui apa yang bisa saya lakukan untuk bisa tampil cepat, memang tidak ada motor yang sempurna namun pembalap yang harus bisa beradaptasi dan tim juga harus membantu untuk memaksimalkannya” lanjut Marc Marquez.

Marc Marquez menganggap Honda membuat motor tersebut berdasar dari gaya balap Pol Espargaro, hal itu bisa membuat Marc Marquez paham karena selama dua musim sudah banyak absen akibat cedera. “Ini motor yang menurut saya berbeda, ini perubahan terbesar sejak saya ada di Honda, dan saya sudah disini selama sepuluh tahun, di tim Honda ketika menang, sekritis apapun motornya, tim tetap sulit melakukan perubahan yang besar” ujar Marc Marquez.

“Sampai tahun 2019 Honda menang, tidak ada perubahan besar dalam motor, tapi benar dalam dua tahun terakhir saya tidak ada dalam tim dan hasilnya tidak bagus, hal ini membuat Honda membuat perubahan untuk mencari solusi, ini adalah motor yang dari awal tidak cocok untuk gaya saya” lanjut Marc Marquez.

MotoGP 2022 akan dimulai dengan balap MotoGP di Qatar, 6 Maret 2022, selanjutnya dilakukan di Sirkuit Mandalika untuk seri kedua pada 18 – 20 Maret 2022.

Akibat adanya perubahan drastis di motor tersebut, Marc Marquez mengaku belum siap meraih kemenangan di seri awal MotoGP Qatar 4 – 6 Maret mendatang. “Saya tidak siap bertarung untuk kemenangan atau bahkan untuk naik ke podium, namun ini adalah kejuaraan yang panjang yang ada 21 balapan, itu sangat panjang, kita lihat saja” jelas Marc Marquez

Baca Juga : Sirkuit Mandalika Diaspal Ulang Jelang MotoGP Indonesia 2022