Street Race Februari Bakal Digelar Di Sejumlah Lokasi Mulai Dari Meikarta, BSD Hingga Vida Bekasi Kota

Polda Metro Jaya kembali menggelar street race atau balap motor liar pada Februari 2022 dan sudah disediakan tiga lokasi yakni di Meikarta, BSD dan Vida Bekasi Kota.

Street Race Februari Bakal Digelar Di Sejumlah Lokasi Mulai Dari Meikarta, BSD Hingga Vida Bekasi Kota
Street Race atau Balap Liar. Gambar : Dok. Ruly Kurniawan/Kompas.com

BaperaNews - Polda Metro Jaya kembali menggelar street race atau balap motor liar Februari 2022 mendatang, setidaknya sudah disediakan tiga lokasi di Tangerang dan Bekasi untuk mereka yang punya hobi balap motor yaitu Meikarta, BSD, dan Vida Bekasi Kota.

“Bulan depan, Februari 2022 ini akan kita adakan lagi street race atau balap liar, tiga lokasi sudah kami siapkan untuk mengadakan street race atau balap liar yaitu ada Meikarta, BSD, dan Vida Bekasi Kota, untuk jadwal tanggal pastinya masih kita atur, nanti akan diadakan berbeda, jadi tidak bersamaan di tiga tempat itu” ujar Kombes Sambodo Purnomo Direktur Lalin Polda Metro Jaya Senin 24 Januari 2022.

Kegiatan street race ini pun sudah diputuskan untuk diadakan di luar wilayah DKI Jakarta seperti Meikarta, BSD, dan Vida Bekasi Kota untuk lebih meratakan area street race atau balap liar resmi, agar tidak ada lagi street race atau balap liar ilegal yang bisa berbahaya bagi pengguna jalan maupun pembalap itu sendiri, polisi ingin merangkul para pembalap liar, memberi kesempatan mereka untuk berlatih dan berlomba, serta membantu mendapatkan latihan lebih baik untuk mereka yang berbakat.

Sebelumnya street race atau balap liar sudah digelar 16 Januari 2022 di Ancol, Jakarta Utara, tujuannya untuk memberi tempat bagi para pembalap liar agar tidak meresahkan masyarakat dan membahayakan nyawa orang lain, sebelumnya ada 39 titik di Jakarta yang sering mereka pakai untuk kegiatan street race atau balap liar yang jelas membuat masyarakat sekitar khawatir.

Pada street race 16 Januari 2022 lalu, sebanyak 350 joki berpartisipasi, pendaftaran bisa dilakukan secara online dengan sejumlah syarat yaitu :

-          Wajib pakai helm full face, jaket, celana panjang bahan jeans tebal atau overall balap.

-          Wajib pakai sarung tangan, sepatu.

-          Memastikan rem berfungsi dengan baik.

-          Minimal usia 19 tahun, peserta di bawah umur tersebut wajib disertakan surat pernyataan persetujuan orang tua.

-          Pengecekan motor lolos.

Polisi menganggap kegiatan street race atau balap liar yang akan digelar di Meikarta, BSD, dan Vida Bekasi Kota bisa bermanfaat memberi wadah resmi agar tidak ada lagi street race atau balap liar di jalanan bebas, polisi juga tengah membuat rencana menutup sejumlah titik di Jakarta untuk mengadakan street race atau balap liar di malam hari.

“Korban kecelakaan akibat street race atau balap liar itu banyak yang tidak terdata, saat kecelakaan mereka langsung di bawa, hanya melapor kecelakan biasa, sehingga kita tidak bisa mencatat dengan tepat angkanya, nah dengan adanya street race atau balap liar ini bisa menghindarkan kecelakaan akibat balap liar” ujar Sambodo.

Baca Juga: Kunjungi Lokasi Latihan Persikota FC, Prilly Latuconsina Tunjukan Keseriusannya Untuk Jadi Bos Klub Sepak Bola