Status Temuan Mayat Di Areal Kebun Sawit Simangambat Paluta: Tahap Penyelidikan

Seorang warga Paluta bernama Muji menemukan sosok mayat laki-laki di dalam parit di Areal Kebun Sawit Simangambat, kini kasus temuan mayat tersebut sedang dalam tahap penyelidikan.

Status Temuan Mayat Di Areal Kebun Sawit Simangambat Paluta: Tahap Penyelidikan
Kasus Temuan Mayat Di Areal Kebun Sawit Simangambat Sedang Tahap Penyelidikan. Gambar : Istimewa

Paluta, BaperaNews - Seorang warga Desa Gunung Manaon, Kecamatan Simangambat, Kabupaten Padang Lawas (Paluta) bernama Muji (53) menemukan sosok mayat laki-laki yang tidak jauh dari kediamannya pada Selasa, 3 Januari 2023.

Kepolisian Resor Tapanuli Selatan (Polres Tapsel) melalui Plh. Kasi Humas Polres Tapsel Briptu Erlangga G Nst, SH membenarkan sosok mayat laki-laki yang ditemukan oleh Muji (53), Pada Selasa (3/1). 

Briptu Erlangga G Nst, SH menjelaskan bahwa warga Paluta (Muji) tersebut menemukan sosok mayat di dalam parit di Areal Kebun Sawit Simangambat milik warga di Desa Gunung Manaon. 

“Lantaran panik atas apa yang ia temukan, Muji melaporkan hal tersebut ke Polsubsektor Simangambat,” ujar Briptu Erlangga G Nst, SH pada Kamis (5/1) pukul 15.00 WIB. 

Kemudian, pihak Polsubsektor Simangambat bergegas memberitahukan peristiwa tersebut ke Kapolsek Padang Bolak, AKP Zulfikar, SH, MH. Tak berselang lama, Kapolsek langsung terjun ke tempat kejadian perkara (TKP), guna memastikan kebenaran yang disampaikan oleh Muji. 

“Dan ternyata benar. Ada, seorang mayat yang kuat dugaan (jenis kelamin) laki-laki berada di dalam parit. (Kondisinya) sudah mulai mengeluarkan bau tidak sedap,” ucap Kapolsek melalui keterangan resminya, pada Rabu (4/1) malam. 

Tidak hanya itu, lanjut Kapolsek, kondisi mayat laki-laki tersebut juga nyaris tidak dikenali. Namun, pihaknya menemukan satu unit sepeda motor dalam keadaan terbakar di tempat kejadian perkara (TKP). 

Dugaan sementar, sepeda motor tersebut milik salah seorang warga bernama Panerangan Hasibuan yang kabarnya sudah hilang sejak sepekan yang lalu. Tak hanya itu, pihaknya juga menemukan satu unit sepeda motor dengan jarak berkisar 200 meter dari TKP.

“Kuat dugaan (sepeda motor berjarak 200 meter dari TKP) milik korban yang dalam keadaan rusak (putus rantai),” imbuh Kapolsek. 

Kapolsek juga menyampaikan bahwa tidak lama setelah meninjau lokasi dari temuan mayat di Areal Kebun Sawit Simangambat tersebut, Tim Identifikasi Polres Tapanuli Selatan (Tapsel) bersama Kasat Reskrim AKP Paulus Robert Gorby Pembina dan Kanit Pidum tiba di tempat kejadian perkara (TKP).

Kasus Temuan Mayat Di Areal Kebun Sawit Simangambat Sedang Dalam Penyelidikan

Selanjutnya, kepolisian mengantarkan jenazah korban ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Gunung Tua di Aek Haruaya. Kata Kapolsek, dugaan sementara, korban berinisial, HMS alias D (36), warga Desa Gunung Manaon.

“Dan saat ini untuk penyebab kematian korban, sedang dalam penyelidikan,” jelas Kapolsek.

Kapolsek menyebut, saat ini di sekitar TKP sudah terpasang garis polisi. Kepolisian, juga tengah memintai keterangan saksi-saksi dan mengamankan sejumlah barang bukti di sekitar TKP temuan mayat di Areal Kebun Sawit Simangambat.

“Saat ini, kami tengah melakukan penyelidikan lebih lanjut terhadap orang-orang yang (sempat) berinteraksi atau berhubungan dengan korban (sebelum meninggal),” ungkapnya.

Rencananya, pihaknya akan membawa jenazah korban ke Rumah Sakit Bhayangkara Tk II di Kota Medan guna kepentingan otopsi. Pihaknya, juga akan berkoordinasi dengan Unit Jatanras Krimum Polda Sumut, untuk proses penyelidikan lebih lanjut.

Penulis: Haryan Harahap.