Solo Jadi Tuan Rumah, Gibran Rakabuming Jadi Ketua Panitia ASEAN Para Games 2022

Gibran Rakabuming, Wali Kota Solo ditunjuk jadi ketua penyelenggara Asean para Games 2022 yang akan digelar di Solo. Simak informasi lengkapnya!

Solo Jadi Tuan Rumah, Gibran Rakabuming Jadi Ketua Panitia ASEAN Para Games 2022
Gibran Rakabuming Ditunjuk Jadi Ketua Panitia ASEAN Para Games 2022. Gambar: Kompas.com/Fristin Intan

BaperaNews - Gibran Rakabuming, Wali Kota Solo menjadi ketua penyelenggara Asean para Games (INASPOC) 2022 yang akan digelar di Solo pada Juli 2022 mendatang. Gibran ditunjuk menjadi panitia setelah dilakukan pertemuan di Kantor NPC yang dihadiri oleh Ketua UPC Senny Marbun dan Wakil NPC Rima Ferdianto.

Kepastian berita ini disampaikan oleh Senny Marbun Selasa 25 Januari 2022. “Kita percaya mas Gibran Rakabuming bisa bantu, kita tunjuk beliau jadi ketua panitia dan beliau bersedia. Kita sangat butuh bantuan dari mas Gibran ini agar Indonesia bisa sukses jadi panitia penyelenggara ASEAN Para Games 2022” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Senny menceritakan proses kota Solo menjadi tuan rumah acara bergengsi tersebut, yakni berawal dari Solo yang juga sukses menjadi kota tuan rumah pada tahun 2011 lalu yang saat itu Presiden Jokowi masih menjabat sebagai Wali kota Solo, selain alasan tersebut, juga karena ASEAN Para Games 2022 ini batal dilaksanakan di Vietnam dan Filipina.

“Saya sebelumnya juga sudah diskusi dengan pak Jokowi, Pak, ASEAN Para Games 2022 ini batal dilakukan di Vietnam dan Thailand, kira-kira kalau kita yang jadi tuan rumah bersedia tidak? akhirnya disetujui beliau” lanjut Senny.

Saat Jokowi sudah menyetujui, barulah Indonesia menjalankan bidding yang kemudian diterima dengan baik oleh para negara peserta ASEAN Para Games. Belum diketahui kapan tepatnya akan dilaksanakan, kemungkinan akan berjalan sekitar pertengahan Juli 2022.

Gibran Rakabuming dikutip dari website Kemenpora menyatakan langkah awalnya akan mendata venue ASEAN Para Games 2022, “Tadi saya mendapat amanat menjadi Ketua INASPOC, dalam waktu enam bulan ke depan kita akan koordinasikan venue yang kurang baik agar direnovasi dulu, tapi secara garis besar Solo sudah siap untuk event internasional yang luar biasa ini” ujar Gibran.

Gibran Rakabuming juga menjelaskan, lokasi venue tidak hanya di Solo saja, tapi juga di Solo Raya seperti Boyolali dan Karanganyar dengan koordinasi bersama para kepala daerah Solo Raya.

Senny pun mengucap terima kasih untuk Jokowi yang mengijinkan Indonesia jadi tuan rumah ASEAN Para Games 2022 yang menurutnya adalah sebuah keputusan luar biasa, “kita akan berusaha maksimal agar bisa menjadi tuan rumah yang baik dan menciptakan kesan serta pengalaman yang indah untuk para atlet dan semua pihak yang terlibat” tutup Senny.

Baca Juga: Kunjungi Lokasi Latihan Persikota FC, Prilly Latuconsina Tunjukan Keseriusannya Untuk Jadi Bos Klub Sepak Bola