Sirkuit Mandalika Bakal Mulai Beroperasi Pada Bulan Depan

Sirkuit Mandalika secara perdana digunakan di ajang kejuaraan World Superbike (WSBK) pada 19-21 November 2021, Resmi beroperasi

Sirkuit Mandalika Bakal Mulai Beroperasi Pada Bulan Depan
Gambar : ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

BaperaNews - Pahala Mansury selaku Wakil Menteri BUMN menyampaikan bahwa pada bulan November mendatang, Sirkuit Mandalika atau Pertamina Mandalika International Street Circuit (PMISC) di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, akan mulai beroperasi.

Mansury menjelaskan bahwa pada 19-21 November 2021, PMISC akan secara perdana digunakan di ajang kejuaraan World Superbike (WSBK). Sebetulnya, ajang kejuaraan balap motor internasional tersebut telah dijadwalkan pada 12-14 November, akan tetapi diundur sepekan.

Pada konferensi pers yang dilakukan secara daring pada Kamis (07/10/2021), Mansury menyampaikan bahwa pembangunan Sirkuit Mandalika yang telah dimulai pada Agustus 2020 dan di 2021 ini akan mulai menyelenggarakan beberapa kegiatan di sirkuit tersebut.

Kemudian Mansury juga menjelaskan bahwa sirkuit Mandalika akan digunakan sebagai tes pramusim MotoGP 2022 yang telah dijadwalkan akan berlangsung pada 11-13 Februari 2022. 

Setelah itu, pada Maret 2022 mendatang akan dilanjutkan dengan balapan inti MotoGP Indonesia 2022.

Mansury berharap ajang bergengsi internasional yang dilaksanakan itu dapat menghidupkan kembali industri pariwisata Indonesia yang sebelumnya mati akibat adanya pandemi Covid-19, terutama pada daerah Lombok dan sekitarnya.

Kemudian ia juga menambahkan bahwa event ini adalah inisiatif dalam upaya mengembangkan serta menghidupkan kembali industri pariwisata Indonesia

Selain itu, Abdulbar M. Mansoer selaku Direktur Utama PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) menyampaikan bahwa kini landasan utama sirkuit telah selesai pada 15 Agustus lalu.

Menurutnya, yang tersisa hanyalah pembangunan fasilitas penunjang seperti fasilitas parkir kendaraan, gedung kontrol, tracking system, dan lainnya.

Kemudian ia pun telah menargetkan bahwa keseluruhan pembangunan tersebut akan selesai pada akhir bulan ini, karena sirkuit tersebut akan mulai dipakai bulan November mendatang.

Terakhir, ia menyampaikan bahwa pihaknya berfokus kepada fasilitas pendukung dan pembangunan tersebut pada akhir Oktober sudah selesai.