Shayne Pattynama, Pemain Keturunan Indonesia Berdarah Semarang Kirim Surat Siap Bela Timnas

Exco PSSI, Hassani Albul mengonfirmasi terkait adanya tambahan pemain keturunan yang siap bergabung dengan Timnas Indonesia bernama Shayne Pattynama.

Shayne Pattynama, Pemain Keturunan Indonesia Berdarah Semarang Kirim Surat Siap Bela Timnas
Shayne Pattynama. Gambar: Instagram.com/ @s.pattynama

BaperaNews - Kabar gembira datang untuk timnas Indonesia, hari ini Exco PSSI, Hassani Albul mengonfirmasi ada satu lagi pemain keturunan yang siap bergabung dengan skuad Garuda bernama Shayne Pattynama. Hasani mengungkap, Shayne Pattynama sudah menyampaikan ketertarikannya untuk membela timnas Indonesia, pemain berumur 23 tahun itu juga sudah mengirim beberapa dokumen untuk kepindahan resminya ke timnas Indonesia.

Menurut Hasani, pemain keturunan tersebut punya garis darah orang Semarang dari ayahnya, kini ia segera bergabung dan menunggu proses untuk bisa pulang ke Indonesia. “Shayne Pattynama pemain asal Belanda yang berada di klub Viking FK Liga 1 Norwegia, ayahnya lahir di kota Semarang” ujarnya di akun Instagram pribadinya Selasa 22 Februari 2022.

“Shayne sudah siap untuk gabung bermain dan membela Indonesia bersama timnas dan ia sudah mengirim dokumen pendukung lainnya, welcome to the board” lanjutnya.

Baca Juga: Gawat! Hasil Drawing All England 2022, Ganda Putra Indonesia Saling Bunuh Di Putaran Pertama

Shayne Pattynama sendiri biasa bermain sebagai bek sayap kiri pertahanan, ia berstatus pemain Viking FC klub yang biasa bertanding di divisi utama Norwegia, sejauh ini ia sudah berhasil membuat dua gol dan dua assist dari total 26 kali pertandingan bersama Viking FC.

Ia pun menambah panjang daftar pemain bola keturunan yang mungkin akan bergabung dan bermain untuk timnas Indonesia. Sebelumnya sudah ada nama Sandy Walsh dan Jordi Amat yang dipastikan bergabung dengan tim Garuda, PSSI saat ini masih mengurus kelengkapan dokumen sebelum keduanya resmi bergabung.

Pemain  keturunan biasanya memang memiliki daya tarik sendiri karena sudah punya pengalaman bertanding di luar negeri, namun bukan itu saja yang dijadikan patokan, ia juga harus memiliki keterampilan yang baik dalam riwayat pertandingannya dan diharapkan bisa memperkuat tim atau memberi sharing pengalaman bertandingnya kepada tim.

Jika tidak bisa bermain apik di dalam negeri ia juga tidak akan diperpanjang kontraknya dan biasanya akan dilupakan, begitu pun jika ia bisa bermain apik, maka ia akan disanjung terlebih jika memiliki paras fisik yang tampan.

Beberapa pemain keturunan yang punya karir bagus di Indonesia diantaranya Irfan Bachdim dan Christian Gonzales yang hingga kini masih aktif bermain bola meskipun tidak seintens dulu, mereka juga menjadi pelatih dan support segala hal yang berhubungan dengan sepak bola Indonesia.

Baca Juga: Hasil Drawing Piala Futsal AFF 2022, Indonesia Satu Grup dengan Thailand Dan Malaysia