Resmi Jadi Raja Inggris, Raja Charles III: Saya Akan Berusaha Melayani Anda

Resmi dinobatkan jadi Raja Inggris dengan gelar Raja Charles III, Pangeran Charles langsung menyampaikan pidato pertamanya sebagai raja di Istana Buckingham.

Resmi Jadi Raja Inggris, Raja Charles III: Saya Akan Berusaha Melayani Anda
Pangeran Charles resmi jadi Raja Inggris dengan gelar Raja Charles III. Gambar : AFP/Dok. YUI MOK

BaperaNews - Pangeran Charles telah resmi menjadi raja Inggris bergelar Raja Charles III menggantikan sang ibu, Ratu Elizabeth II yang telah meninggal dunia. Hari ini, Sabtu (10/9) Raja Charles III menyampaikan pidato pertamanya sebagai raja di Istana Buckingham.

Raja Charles III mengatakan akan berusaha melayani warga Inggris sebagaimana yang telah ia lakukan sepanjang hidupnya sebelum menjadi raja Inggris.

“Dimanapun  Anda tinggal, di Inggris atau wilayah seluruh dunia, apapun latar belakang dan keyakinan Anda, saya akan berusaha melayani Anda dengan kesetiaan, hormat, dan rasa cinta, seperti yang saya lakukan sepanjang hidup saya” ujarnya.

Raja Charles III juga menyinggung pengabdian yang telah dilakukan ibundanya. “Seperti yang dilakukan ratu sendiri dengan pengabdian yang tidak tergoyahkan, saya sekarang juga dengan sungguh-sungguh berjanji pada diri saya, sepanjang sisa waktu yang Tuhan berikan untuk saya, untuk menegakkan prinsip konstitusional jantung bangsa ini” imbuhnya.

Ia yakin kehidupannya telah berubah seiring dengan tanggung jawab baru yang ia emban. “Jadi tidak mungkin bagi saya untuk memberi banyak waktu dan energi untuk amal yang selama ini begitu saya pedulikan. Tapi saya tahu pekerjaan penting ini terus berlanjut di tangan orang lain yang bisa dipercaya”.

Baca Juga : Kode Rahasia Yang Sering Dipakai Ratu Elizabeth II Bila Dalam Bahaya

Pada kalimat pidato terakhirnya, ia mengungkap rasa sayang kepada ibundanya yang ia sebut “my darling mama”. “Terima kasih atas cinta dan pengabdianmu kepada keluarga kita dan keluarga bangsa-bangsa yang kami layani dengan rajin selama ini. Ketika dirimu memulai perjalanan besar terakhir untuk bersama-sama dengan mendiang papa tersayang, saya hanya ingin mengucap terima kasih” tutupnya.

Pidato tersebut ialah pernyataan pertama Raja Charles III kepada warga Inggris, beberapa hari ke depan ia akan sibuk dengan prosesi pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth II yang harus selesai dalam waktu dua pekan. Ia juga akan menjalani prosesi penobatan dan mendapat mahkota sebagai Raja Inggris.

Charles menjadi raja Inggris di usianya yang ke-73 tahun, ia menjadi sosok tertua yang menerima takhta dalam sejarah kerajaan Inggris. Raja tertua sebelumnya di Inggris ialah Raja William IV yang naik takhta di usia ke-64 tahun pada tahun 1830.

Sedangkan Ratu Elizabeth II akan dimakamkan di Westminster Abbet London pada 19 September 2022.