Rekomendasi Capres 2024 NasDem, Ini Hasil Elektabilitas Andika Perkasa

Andika Perkasa menjadi salah satu rekomendasi calon presiden 2024 dari Nasdem dan tingkat popularitas ia dari hasil survei Indonesia Political Opinion mencapai 29,4%.

Rekomendasi Capres 2024 NasDem, Ini Hasil Elektabilitas Andika Perkasa
Andika Perkasa jadi rekomendasi Calon Presiden 2024 NadDem. Gambar : nasional.kompas.com/Achmad Nasrudin Yahya

BaperaNews - Jenderal Andika Perkasa di Panglima TNI ini sudah digembar-gemborkan masuk dalam daftar rekomendasi calon presiden 2024 berdasarkan usulan yang diberikan oleh Partai NasDem. Pesan tersebut disampaikan langsung oleh Surya Paloh, Ketua Umum Partai NasDem.

Melalui Rakernas, setidaknya terdapat 13 nama dewan pimpinan wilayah yang mengusukan Jenderal Andika Perkasa.

Nama Andika Perkasa Perkasa Panglima TNI, Ganjar Pranowo Gubernur Jawa Tengah dan Anies Baswedan Gubernur DKI Jakarta telah resmi ditetapkan menjadi bakal calon presiden melalui rekomendasi yang diberikan oleh Parta NasDem saat Rakernas.

Pada hari Jumat, tanggal 17 Juni 2022, Surya Paloh menyampaikan hasil keputusan Rakernas tersebut.

Surya Paloh menjelaskan lebih lanjut bahwa ketiga nama bakal calon presiden 2024 tersebut didapatkan dari usulan yang diberikan oleh para kader Partai NasDem yang hadir selama 3 hari mulai tanggal 15 Juni 2022 hingga 17 Juni 2022. Pimpinan partai lalu membahasnya lebih lanjut hingga didapatkan hasil tiga nama bakal calon presiden 2024 tersebut.

Baca Juga : Masuk Daftar Capres, Anies Ditelepon Langsung Politikus NasDem

Secara survei, nama dari Jenderal Andika Perkasa memang muncul di simulasi Pemilihan Presiden 2024 melalui Lembaga survei Indo Riset yang dilakukan pada pertengahan bulan Mei lalu. Nama Andika Perkasa dipasangkan dengan Anies Baswedan.

Dari hasil simulasi yang dilakukan tersebut, nama Anies Baswedan dan Andika Perkasa berhasil lebih unggul jika dibandingkan dengan nama Ganjar Pranowo dan Puan Maharani.

Kemudian, menurut hasil survei yang didapatkan dari Indonesia Political Opinion, tingkat popularitas dari Jenderal Andika Perkasa sudah mencapai 29,4 persen dan tingkat kesukaan mencapai 97,3 persen.

Jika dibandingkan dengan Prabowo Subianto (Ketua Umum Partai Gerindra), tingkat popularitasnya memang lebih tinggi yakni 96,2 persen, namun tingkat kesukaannya lebih rendah yakni 53,1 persen saja.

Jenderal Andika Perkasa juga berhasil mengungguli nama Airlangga Hartarto, Ketua Umum Golkar dengan tingkat popularitas 25,9 persen dan tingkat kesukaan mencapai 73,1 persen.

Survei tersebut sebelumnya telah dilakukan selama periode 23 Mei 2022 hingga 28 Mei 2022 menggunakan teknik hybrid dengan rincian 720 melalui sambungan telepon dan 480 melalui tatap muka. Jadi totalnya ada 1200 responden.