Rangkuman Covid-19, Kedatangan WNA Naik Hingga Antre Booster Demi Mudik

Jumlah angka Covid-19 menunjukkan penurunan, jumlah kasus harian di bawah 10 ribu, hingga pemerintah bolehkan mudik dengan syarat vaksin booster.

Rangkuman Covid-19, Kedatangan WNA Naik Hingga Antre Booster Demi Mudik
Ilustrasi Pengecekan Suhu. Gambar: Unsplash.com

BaperaNews - Jumlah angka Covid-19 menunjukkan penurunan, dalam 10 hari terakhir, jumlah kasus Covid-19 harian di bawah 10 ribu, pemerintah juga sudah melonggarkan berbagai aturan prokes seperti membebaskan karantina bagi pelaku perjalanan luar negeri yang membuat jumlah kedatangan WNA naik serta diperbolehkannya mudik lebaran dengan syarat khusus.

Berikut kami sampaikan rangkumannya untuk Anda : 

  1. Kedatangan WNA ke Indonesia Naik

Direktorat Jenderal Imigrasi Indonesia mencatat kedatangan pelaku perjalanan luar negeri dan WNA dari Bandara Bali dan Jakarta naik per data yang dihimpun pada 25 Maret 2022, peningkatan terbilang signifikan sejak pemerintah mengumumkan kebijakan bebas karantina bagi pelaku perjalanan luar negeri dan WNA yang sudah memiliki vaksin Covid-19 lengkap beserta boosternya.

Per 25 Maret 2022 pukul 13.41 WIB, tercatat sudah ada 2.470 WNA melewati pemeriksaan imigrasi di Bandara Soetta, tentunya kebijakan baru ini membuat mereka lebih nyaman karena tidak harus menghabiskan banyak biaya untuk karantina dan bisa menikmati waktu perjalanan yang lebih singkat.

Baca Juga: Polisi Tangkap Tujuh Remaja Diduga Hacker Pembobol Microsoft dkk

  1. Kemenkes Minta Berhenti Berdebat Aturan Mudik

Kemenkes meminta masyarakat berhenti debat soal syarat mudik lebaran 2022 tentang pemerintah yang mewajibkan warga harus punya vaksin Covid-19 lengkap termasuk booster untuk bisa mudik kemanapun yang ia mau, sedangkan warga yang baru menerima dua dosis vaksin Covid-19 harus menyertakan tes antigen, serta warga yang baru punya vaksin Covid-19 satu dosis wajib melampirkan tes PCR.

“Mari hentikan perdebatan, tujuan vaksin untuk melindungi masyarakat dari Covid-19 dan kematian akibat Covid-19, bukan untuk mempersulit mobilitas” tegas Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat Kemenkes, Siti Nadia dari Kemenkes hari Sabtu 26 Maret 2022.

  1. Antre Vaksin Booster Mengular Demi Bisa Mudik

Para warga kini banyak mengantre untuk bisa mendapatkan vaksin Covid-19 secara lengkap termasuk booster untuk bisa memenuhi syarat boleh mudik, salah satu antrian terlihat di Bekasi, Jabar hari Sabtu 26 Maret 2022.

“Saya berangkat dari rumah jam 07.30 WIB pas sampai sini sudah penuh tapi kata petugas stok vaksinnya ada makanya tetap nekat ikut antre” ujar salah satu warga yang mengantri vaksin Covid-19 demi bisa mudik yang bernama Agus (40) di Gerai Polsubsektor Mega Regency Serang Baru, Bekasi hari Sabtu pagi.

Baca Juga : Kronologi Penangkapan 3 Tersangka Perampokan Yang Terekam Aniaya Ibu Dan Anak Di Garut