Raja Charles III Resmi Dinobatkan Menjadi Raja Inggris

Raja Charles III resmi dinobatkan menjadi Raja Inggris di Westminster Abbey pada Sabtu (6/5) waktu setempat.

Raja Charles III Resmi Dinobatkan Menjadi Raja Inggris
Raja Charles III Resmi Menjadi Raja Inggris. Gambar : Reuters/Dok. Lisi Niesner

BaperaNews - Raja Charles III resmi dilantik menjadi Raja Inggris yang baru menggantikan almarhum Ratu Elizabeth II. Penobatan dilakukan di Westminster Abbey pada Sabtu (6/5) waktu setempat.

“Saya Charles, dengan tulus dan sungguh-sungguh di hadirat Tuhan mengaku dan bersaksi sebagai seorang protestan yang setia dan akan menjunjung tinggi UU yang berlaku dengan kekuatan terbaik” tutur Raja Charles III dalam sumpahnya.

Raja Charles III dinobatkan sebagai pemimpin tertinggi di Inggris di umurnya yang ke-74 tahun. Penobatan Raja Charles III dilakukan secara tradisional sesuai petunjuk sejarah yang dilakukan sejak 900 tahun lalu, Permaisuri Camilla juga turut dinobatkan.

Usai penobatan Raja Charles III menjadi Raja Inggris, mereka menuju Istana Buckingham dengan kereta kencana Gold State Coach.

Raja Charles III Kenakan Mahkota St Edward

Resmi menjadi Raja Inggris, Raja Charles pun memakai mahkota St Edward.

“Raja segala raja, kami mohon padamu, mahkota ini, dan sucikanlah hambamu Charles yang di atas kepalanya hari ini diberi mahkota sebagai tanda agung dari kerajaan agar ia diberi kebaikan yang murah hati dan dipenuhi rahmat melimpah serta penuh kebajikan” tutur Uskup Agung Canterbury Justin Welby.

Mahkota St Edward terbuat dari emas 2,23 kg, tingginya 30 cm berhiaskan 444 batu permata. Mahkota ini telah dipakai pemimpin Inggris sejak abad ke-13.

Baca Juga : Fakta - Fakta Menarik Proklamasi Pangeran Charles Jadi Raja Inggris

Dinanti Warga Inggris

Warga Inggris menunggu di sepanjang jalan, menantikan kehadiran Raja Charles III dan Permaisuri Camilla. Raja Charles III dan permaisuri menyapa rakyat di jalan.

Prosesi ini juga mengumpulkan seluruh anggota kerajaan hingga komunitas seluruh Inggris berkumpul dan bergembira bersama merayakan penobatan sang raja. Penobatan Raja Charles III menjadi gambaran perpaduan tradisi leluhur dan peran modernnya saat ini.

Sorak sorai warga London mengiringi langkah kereta ketika raja dan permaisuri hadir, ada pula kereta yang mengangkut Pangeran William dan keluarganya.

Mereka melempar senyuman kepada warga. Usai menyapa warga di jalanan London, Raja Charles III dan keluarga kembali ke balkon istana untuk kembali menyapa warga secara terbuka.

Prosesi Akhir Penobatan

Prosesi akhir penobatan Raja Charles III ialah adanya parade pesawat udara atau flypast pesawat militer modern yang ditampilkan oleh Angkatan Udara Inggris sebagai bentuk penyambutan dan perayaan adanya pemimpin baru di Inggris.

Tidak lupa sejumlah pemimpin negara memberi selamat kepada Raja Charles III diantaranya Presiden Amerika Serikat Joe Biden hingga Presiden China Xi Jinping.

Baca Juga : Usai Jadi Raja Inggris, Raja Charles III Pecat 100 Pekerja