Profil Capres Airlangga Hartarto

Profil Menko Perekonomian Indonesia, Airlangga Hartarto banyak dicari setelah ia dikabarkan menjadi salah satu kandidat Capres 2024.

Profil Capres Airlangga Hartarto
Profil Airlangga Hartarto. Gambar : Instagram.com/@airlanggahartarto_official

BaperaNews - Airlangga Hartarto ialah pejabat yang saat ini menjadi Menko Perekonomian di Kabinet Presiden Jokowi Indonesia Maju periode 2019-2024.

Profil Airlangga Hartarto banyak dicari setelah ia dikabarkan menjadi salah satu kandidat Capres 2024. Meski Airlangga sendiri belum pernah mengkonfirmasi hal tersebut, tetap saja membuat penasaran bagaimana perjalanan karirnya dan apa saja prestasinya untuk tanah air.

Airlangga Hartarto jadi sosok yang dikagumi dan diakui ahli di bidang ekonomi, hal ini disampaikan oleh Ketua Umum Partai Perindo ketika berkunjung ke DPP Partai Golkar Senin, 10 April 2023 lalu.

“Komentar saya kalau beliau memang ahli di bidang ekonomi, saya banyak diskusi dengan beliau, wawasannya sangat luas dan sangat mumpuni di bidang ekonomi. Tak salah beliau jadi Menko Perekonomian saat ini” tutur Hary Tanoe.

Profil Airlangga Hartarto

Airlangga lahir di Surabaya, 1 Oktober 1962. Anak Dari Hartono Sastrosoenarto dan Hartini Soekardi. Karir politik Airlangga menurun dari ayahnya.

Hartono ialah orang kepercayaan Presiden Soeharto yang juga pernah menjadi Menteri Perindustrian, Menko Pengawasan Pembangunan Aparatur Negara, dan Menko Produksi Distribusi. Airlangga banyak belajar dunia politik dari ayahnya.

Baca Juga : Airlangga Hartarto Resmikan Kawasan Sains dan Teknologi di Solo Technopark

Pendidikan Airlangga Hartarto

Airlangga Hartarto sekolah di SMA Kolese Kanisius Jakarta dan aktif berorganisasi, ia menjabat Wakil Ketua OSIS. Airlangga kemudian lanjut kuliah di Universitas Gadjah Mada jurusan Teknik Mesin serta terus aktif berorganisasi. Diantaranya menjadi Ketua Senat Fakultas Teknik UGM dan Ketua Keluarga Alumni Fakultas Teknik UGM.

Lulus dari UGM, Airlangga Hartarto melanjutkan studi ke Monash University Australia dan mendapat gelar MBA di tahun 1996. Ia juga mendapat gelar Master of Management Technology dari university of Melbourne Australia tahun 1997.

Karir Politik Airlangga Hartarto

Airlangga Hartarto memulai karir di dunia politik sejak muda, berikut ringkasannya.

  • 1998 : Masuk Partai Golkar
  • 2004-2009 : Wakil Bendahara Partai Golkar  
  • 2009-2014 : Anggota DPR RI
  • 2017 : Ketum Partai Golkar
  • 2019-2024 (masih berjalan) : Menko Perekonomian  Kabinet Indonesia Maju Presiden Jokowi

Airlangga Hartarto belum menyampaikan ataupun mengkonfirmasi hendak maju di Pilres 2024 sebagaimana kabar yang beredar saat ini, Airlangga Hartarto masih ingin fokus dulu pada dunia ekonomi dan ingin memajukan ekonomi di Indonesia.

Baca Juga : Airlangga Hartarto: Perppu Ciptaker Akan Dibacakan di Paripurna DPR