PON Papua 2021 Akhirnya Resmi Ditutup

Setelah 2 pekan pon papua diselenggarakan, akhinya pada hari jumat 15 Oktober 2021, Pon Papua 2021 resmi ditutup oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin di Stadion Lukas Enembe.

PON Papua 2021 Akhirnya Resmi Ditutup
kemenpora.go.id

BaperaNews - Pada Jumat (15/10/2021) malam waktu setempat, PON Papua 2021 akhirnya resmi ditutup oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin di Stadion Lukas Enembe.

Diketahui, rangkaian acara penutupan PON Papua berlangsung sejak pukul 19.00 WIT. Kegiatan tersebut diawali dengan lagu Indonesia Raya, setelah itu dilanjutkan dengan penampilan kesenian, termasuk tari tradisional.

Lukas Enembe selaku Gubernur Papua yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Panitia Besar PON (PB PON) XX 2021 memberikan sambutan usai para atlet beriringan masuk arena penutupan PON Papua.

Setelah itu, selama kurang lebih 10 menit Wapres Ma'ruf Amin menutup Pon dengan pidatonya.

Ma'ruf menyampaikan bahwa 2 pekan sudah PON XX Papua 2021 terselenggara dan akhirnya sampai pada puncaknya yaitu di malam hari ini. 

Ia menambahkan bahwa atas nama presiden dan wakil presiden serta segenap rakyat Indonesia menyampaikan selamat dan apresiasi setinggi-tingginya kepada pemerintah daerah dan masyarakat Papua atas penyelenggaraan PON XX Papua 2021 yang sukses.

Ma'ruf melanjutkan bahwa sejarah akan mencatat PON yang untuk pertama kalinya diselenggarakan di Bumi Cenderawasih berlangsung dengan sukses.

Selain itu, Ma'ruf juga menyinggung halangan dalam pelaksanaan PON seperti pembangunan berbagai venue yang telah berstandar internasional namun jaraknya jauh satu sama lain, dan juga menyebut PON 2021 ini sulit karena masih adanya pandemi Covid-19.

Ma'ruf pun mengakhiri pidatonya dengan menyampaikan bahwa PON XX Papua 2021 resmi ditutup dan sampai jumpa pada PON 21 nanti.

Setelah itu, acara penutupan PON XX ini dilambangkan dengan penurunan bendera PON sembari diiringi dengan lagu Bagimu Negeri.

Sebagai informasi, perhelatan PON XX Papua 2021 ini telah dimulai sejak 2 Oktober lalu, namun telah terdapat beberapa cabang olahraga yang memulai pertandingan sebelum acara pembukaan.

PON Papua telah mempertandingkan 56 cabang olahraga dan terdapat 6.442 atlet yang berpartisipasi pada pesta olahraga yang paling bergengsi se-Indonesia.

Jawa Barat pun keluar sebagai juara umum PON XX Papua 2021 ini usai berhasil meraih 133 medali emas, 105 medali perak, serta 115 medali perunggu. Kontingen Jabar ini berhasil mempertahankan prestasi yang diraihnya pada PON 2016 dimana mereka berhasil juara ketika menjadi tuan rumah.

Sementara itu, di peringkat kedua terdapat kontingen DKI Jakarta yang unggul 3 medali perak atas Jawa Timur yang berada di posisi ketiga.

Sebagai informasi, perhelatan PON Papua 2024 nantinya akan dilaksanakan di Aceh dan juga Sumatera Utara.