Polandia Menolak Hadapi Rusia di Playoff Piala Dunia 2022

Timnas Polandia menolak secara tegas untuk tidak bertanding melawan Timnas Rusia dalam babak playoff Piala Dunia 2022. Simak informasinya lebih lanjut!

Polandia Menolak Hadapi Rusia di Playoff Piala Dunia 2022
Ilustrasi Timnas Polandia. Gambar : Reuters/ Dok. Kiril Kudryavtesv

BaperaNews - Rusia dan Ukraina sedang menjadi sorotan dunia menyusul adanya serangan Rusia ke Ukraina, hal ini berpengaruh tidak hanya pada bidang keamanan saja namun juga dunia olahraga. Akibat peperangan tersebut, Polandia secara tegas memastikan untuk tidak bersedia bertanding melawan timnas Rusia dalam babak playoff Piala Dunia 2022.

Presiden Asosiasi Sepak Bola Polandia, Cezary Kulesza, menegaskan pihaknya sedang berbicara dengan Swedia dan Ceko tentang babak playoff Piala Dunia 2022. Diketahui Polandia, Rusia, Ceko, dan Swedia berada dalam Grup B playoff Piala Dunia 2022, keempat tim tersebut berada dalam satu bagan.

Seharusnya dalam laga semifinal, Rusia bertemu Polandia dan Swedia melawan Ceko, yang akan diadakan 24 Maret 2022, sesuai bagan yang ada, dua tim yang lolos akan masuk ke final untuk memperebutkan tiket Playoff Piala Dunia 2022.

Baca Juga : 27 Negara Dikabarkan Akan Kirim Bantuan Militer dan Medis ke Ukraina

“Waktunya untuk bertindak, mengingat adanya serangan Rusia ke Ukraina, tim Polandia memutuskan untuk tidak bersedia bertanding melawan tim Rusia” ujar Kulesza di akun twitter resminya. “Ini adalah keputusan paling tepat, kami sedang membicarakan dengan Swedia dan Ceko untuk mendapat posisi sama di FIFA” lanjutnya.

Keputusan tersebut mendapat dukungan dari kapten tim, Robert Lewandowski, ia mengaku sulit untuk menghadapi Rusia mengingat agresi yang terus dilakukan negara tersebut kepada Ukraina. “Saya sulit untuk bertanding ketika membayangkan Rusia dan Ukraina masih terus berlanjut serangannya, pemain sepakbola Rusia dan para fans nya tidaklah salah, namun kami tak bisa pura-pura tidak terjadi apa-apa” ujarnya di akun Twitternya.

Tidak hanya pemain Polandia, pemain asal Indonesia, Egy dan Witan juga ikut kampanye protes serangan Rusia ke Ukraina ketika beradu di Liga Slovakia hari Sabtu 26 Februari 2022, dalam laga tersebut para pemain FK Senica dan pemain MFK Zemplin Michalovce melakukan kampanye damai menyatakan penolakan invasi Rusia ke Ukraina.

Mereka membawa spanduk bertuliskan Stop Vojne atau artinya Stop perang, terlihat Egy dan Witan ikut kampanye tersebut yang fotonya diunggah di situs resmi klub. Kampanye saat ini banyak digelar klub sepak bola di seluruh dunia dengan tujuan yang sama, untuk menghentikan serangan Rusia ke Ukraina, diantaranya juga terdapat liga besar dunia seperti Manchester City, Bayern Munchen, dan Manchester United.

Baca Juga : Gambarkan Kondisi Kiev, WNI di Ukraina Sebut Evakuasi 1 – 2 Hari Lagi