Piala AFF 2021: Malaysia Kalah Telak Dari Vietnam, Indonesia Bersiap Hadapi Vietnam

Dalam laga lanjutan Grup B Piala AFF 2021 Tim Malaysia kalah telak dari vietnam dan vietnam siap bertemu dengan timnas indonesia di laga selanjutnya. Berikut Informasi selengkapnya

Piala AFF 2021: Malaysia Kalah Telak Dari Vietnam, Indonesia Bersiap Hadapi Vietnam
Timnas Indonesia mendapatkan pujian jelang melawan Vietnam di Piala AFF 2021. Gambar : ANTARA/ Dok. Humas PSSI

BaperaNews - Usai kalah telak dari Vietnam, Pelatih Malaysia Tan Cheng Hoe mengakui kehebatan Vietnam dalam laga lanjutan Grup B Piala AFF 2021 di Stadion Bishan, Singapura, pada Minggu (12/12) malam WIB.

Vietnam menang dari Malaysia usai tampil dominan dalam laga ini. Dominasi permainan tersebut menciptakan tiga gol yakni Nguyen Quang Hai pada menit ke 32, Nguyen Cong Phuong pada menit ke-36, dan Nguyen Hoang Duc pada menit ke-89.

Kekalahan ini membuat Malaysia menelan kekalahan yang pertama pada fase grup Piala AFF 2021. Dalam dua laga sebelumnya, Malaysia menang 3 – 1 atas Kamboja dan mengalahkan Laos 4 – 0.

"Kami bekerja keras tetapi kami kalah dari tim yang lebih baik. Jadi kami harus tetap fokus dan konsentrasi untuk pertandingan berikutnya melawan Indonesia," ujar Cheng Hoe setelah pertandingan seperti dikutip dari laman resmi Piala AFF 2021.

Cheng Hoe juga tidak memungkiri bahwa timnya goyah usai terjadinya kasus Covid-19 dan cedera di beberapa pemain pilarnya. Kondisi itu juga disebut yang mempengaruhi moral anak asuhnya.

"Saya juga pikir kami terlalu respek kepada Vietnam dan bermain terlalu hati-hati saat bertahan begitu. Kami dapat banyak belajar [dari kekalahan ini] dan ini pelajaran yang sangat besar buat kami," katanya.

Di sisi lain, Indonesia pun sukses merebut kemenangan dari Laos 5 – 1. Pelatih Vietnam, Park Hang Seo memberikan pujiannya kepada Shin Tae Yong yang pernah sukses membawa Korea Selatan ke Piala Dunia. Namun, pelatih Vietnam tersebut juga mengincar kemenangan atas Indonesia demi mengamankan satu tiket ke semifinal.

"Kita semua tahu Shin telah diuji kemampuannya di Korea. Dia pernah memimpin timnas Korea ke Piala Dunia. Shin adalah pelatih junior favorit saya. Maka saya akan berusaha meraih kemenangan terindah di depan Shin," kata Park dikutip Bongda.

Park juga menilai bahwa pola permainan Indonesia kini sudah mulai berubah semenjak di asuh oleh Shin Tae Yong. Mobilitas dari para pemain terus meningkat dibandingkan dari sebelumnya.

"Kami telah bertemu Indonesia di babak kualifikasi kedua di Piala Dunia. Saya baru saja menonton pertandingan Indonesia vs Laos di babak ini," ujar Park.

Vietnam dan Indonesia saat ini sedang berbagi di puncak klasemen Grup B dengan raihan poin yang sama yakni enam poin dari dua kemenangan. Sementara Malaysia terdapat di posisi ketiga dengan perolehan enam poin, namun sudah memainkan tiga pertandingan.

Selanjutnya, Vietnam akan menghadapi Indonesia di Stadion Bishan, Rabu (15/12). Raihan tiga poin bisa membuat Vietnam lolos ke semifinal lebih cepat. Sebaliknya, Indonesia juga dipastikan melaju ke empat besar jika sukses mengalahkan tim berjuluk Golden Dragon Warriors.