Pesawat Citilink Terpaksa Mendarat Darurat, Pilotnya Meninggal Dunia

Penerbangan Citilnk Surabaya- Ujung Pandang harus mendarat kembali karena Pilot mengeluhkan sakit dan akhirnya meninggal dunia.

Pesawat Citilink Terpaksa Mendarat Darurat, Pilotnya Meninggal Dunia
Sosok Pilot Citilink Boy Awalia (kiri depan) yang meninggal dan pesawat terpaksa mendarat darurat. Gambar : Instagram/Boyawalia

BaperaNews - Pesawat Citilink rute Surabaya- Ujung Pandang mendarat kembali di Bandara Juanda Surabaya karena pilot meninggal dunia hari Kamis 21/7. Pesawat terbang bernomor penerbangan 1G 307 tersebut lepas landas pukul 06.00 WIB dan kembali lagi ke Bandara Juanda beberapa menit setelah mengudara. Citilink mengkonfirmasi peristiwa tersebut.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan dokter di rumah sakit setempat, disampaikan bahwa pilot kami meninggal dunia” ujar Direktur Utama Citilink Indonesia, Dewa Kadek Rai.

“Penerbangan QG307 rute Surabaya ke Ujung Pandang berangkat sesuai jadwal pada pukul 06.00 WIB, setelah 15 menit mengudara, penerbangan kembali mendarat di Surabaya karena pilot kami mengalami darurat kesehatan. Pesawat telah berhasil mendarat kembali di Bandara Juanda pukul 07.00 WIB dengan baik dan selamat” imbuhnya.

Petugas bersama seluruh stakeholder Bandara Juanda telah menyiapkan prosedur penanganan dengan baik dalam evakuasi darurat kesehatan, pilot juga telah ditangani oleh dokter rumah sakit terdekat dengan sangat baik dan cepat.

Baca Juga : Kronologi Bocah SD Dipaksa Setubuhi Kucing, Meninggal Karena Depresi Berat

Citilink sebelumnya mengajukan emergency landing karena masalah tersebut. “Kami mendapat report ada permintaan emergency landing (mendarat darurat) dari Citilink QG307 Surabaya-Makassar karena pilot incapacity atau sakit di atas pesawat” ujar Humas PT Angkasa Pura I Bandara Juanda Surabaya, Yuristo Ardi menambahkan.

Kini pesawat sudah kembali terbang menuju rute tujuan dan digantikan oleh pilot lain pada pukul 11.00 WIB. Tidak dijelaskan sakit apa yang diderita pilot, “Sudah ditangani KKP Juanda” tandasnya.

Pilot yang meninggal dunia tersebut ialah Capt. Boy Awalia umur 48 tahun. Usai ditangani oleh KKP Juanda, Boy dibawa ke RS Mitra Keluarga Waru, Sidoarjo kemudian dikabarkan meninggal dunia. “Kami menyampaikan duka mendalam atas berpulangnya insan penerbangan, pilot Citilink Indonesia Cap Boy Awalia, semoga amal ibadah almarhum diterima Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan” lanjut Dewa.

“Almarhum akan langsung diterbangkan hari ini dari Surabaya ke Jakarta dan jenazah akan disemayamkan di Kompleks Swadaya Indah No. 49 B Rt 12 Rw 01, Duren Sawit, Jakarta Timur. Citilink senantiasa mengutamakan aspek keselamatan, keamanan, dan kenyamanan penerbangan, sebab itu kami selalu berupaya sejak dini dalam antisipasi hal-hal yang berpotensi mengganggu penerbangan” tutupnya.

Baca Juga : Kronologi Lengkap Pilot Citilink Meninggal Dunia Usai Pesawat Mendarat Darurat Di Bandara Juanda