Pakar Peringatkan Hujan Besar Usai Panas Beberapa Hari

BMKG memperkirakan akan ada hujan besar setelah cuaca panas yang terjadi belakangan ini. Simak apa yang bakal terjadi

Pakar Peringatkan Hujan Besar Usai Panas Beberapa Hari
Pakar Peringatkan Hujan Besar Usai Panas Beberapa Hari. Gambar : Unsplash/Ryoji Iwata

BaperaNews - Beberapa hari belakangan intensitas hujan berkurang drastis, cuaca lebih cenderung ke panas, di siang hari, panas terik menyapa. Namun ahli menyebut hal itu hanya sementara, sebab potensi hujan besar bisa muncul setelahnya.

“Wilayah kita masih basah sebetulnya, tapi kan memang ga mesti harus ada hujan tiap hari, jadi ini di fase penguatan, jadi kita tidak boleh lalai. Januari belum masuk fase kering” tutur peneliti dari BMKG Deni Septiadi hari Jumat (13/1).

Fenomena panas beberapa hari ini memang terjadi di sejumlah kawasan termasuk di Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bogor, padahal bulan Januari ini masih puncak musim hujan.

“Puncak musim hujan 2022/2023 di sebagian besar wilayah zona musim ini diperkirakan terjadi pada Desember 2022 hingga Januari 2023 di 295 zona musim dari total 699 zona musim” bunyi pernyataan BMKG pada September 2022.

Baca Juga : BMKG Beri Penjelasan Fenomena Hujan Es Di Tebet Dan Kalibata

Di akhir tahun 2022 lalu dan awal tahun 2023 ini BMKG mewanti-wanti adanya hujan ekstrim yang merupakan masa puncak musim hujan dan berpotensi menimbulkan cuaca ekstrim. Peneliti dari BRIN (Badan Riset Inovasi Nasional) Erma Yulihastin pun mengungkap 10 hari berturut-turut pada Januari 2023 bisa menjadi fase kering yakni di pulau Jawa, Lombok, Bali, dan Nusa Tenggara.

Deni melanjutkan, adanya cuaca panas belakangan ini ialah tanda akan ada hujan besar. “Bisa jadi itu ialah pemanasan permukaan yang artinya rainforce penguatan konvektif, jadi dalam dua atau tiga hari ke depan sudah mulai hujan lagi” terangnya.

Untuk cuaca pekan ini BMKG masih memperkirakan cuaca berpotensi sebagian berawan, yakni di Serang, Semarang, Yogyakarta, Pangkal Pinang, Jakarta, Palangkaraya, Medan, dan Tanjung Pinang. Juga di Samarinda, Gorontalo, Makassar, Mamuju, Kendari, Ambon, Manado, Manokwari, dan Sofifi.

Sedangkan hujan intensitas ringan diperkirakan terjadi di Padang dan Palu. Cuaca berawan diperkirakan muncul di Bandung, Banda Aceh, Pontianak, Bengkulu, Lampung, Denpasar, Kupang, Mataram, Jayapura, dan Banjarmasin.

Cuaca berkabut diperkirakan terjadi di Tanjung Selor, Palembang, Pekanbaru, Surabaya, dan Jambi. Terakhir Deni mengatakan fenomena monsun juga masih kuat di perairan Indonesia yakni pergantian arah angin dari Asia ke Australia.

Baca Juga : BRIN Berberkan Potensi Banjir Besar Di Jabodetabek